Dua Pemuda Suku Anak Dalam Lolos Seleksi Prajurit TNI, Begini Ceritanya

"rekrutmen suku anak dalam memang diprioritaskan, tetapi setelah mengikuti rangkaian tes di Korem 042/Gapu ternyata dua pemuda itu memenuhi syarat, hasil seleksinya bagus."
Ilustrasi (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Dua orang pemuda dari Suku Anak Dalam asal Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Triono (18) dan Rakel Mahesswara P (19) dinyatakan lolos seleksi lanjutan calon Tamtama TNI di Kodam II/Sriwijaya.

Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudy dalam siaran persnya mengatakan, kedua pemuda Suku Anak Dalam itu memenuhi syarat dan sekarang ikut seleksi lanjutan.

Memang para pemuda Suku Anak Dalam selama ini relatif sulit memenuhi kriteria yang dipersyaratkan bagi TNI karena untuk masuk anggota tersebut harus memenuhi kriteria.

Sekarang pihaknya ingin membangun mereka melalui rekrutmen, ternyata mereka mampu, tambahnya.

Ia mengemukakan, rekrutmen suku anak dalam memang diprioritaskan, tetapi setelah mengikuti rangkaian tes di Korem 042/Gapu ternyata dua pemuda itu memenuhi syarat, hasil seleksinya bagus.

Dalam tes tidak ada perlakuan istimewa, tapi memang ada prioritas yang artinya kurang sedikit diangkat, tetapi ini betul-betul sesuai dengan standart, ujar dia seperti dilansir Suara.com jaringan Klikpositif dari Antara, Rabu (13/3/2019).

Untuk tahun ini pada Secata PK Gelombang I Tahun 2019 dikirim dua orang pemuda Suku Anak Dalam dari Jambi untuk mengikuti seleksi lanjutan. Jadi apabila mereka lulus, maka akan dikirim mengikuti pelatihan di Dodik Secata Rindam II/Sriwijaya di Kabupaten Lahat, Sumsel.

"Untuk mengikuti Seleksi Secata PK Gelombang I ini, hanya berdua yang dikirim," ujar Triono.

Dia mengungkapkan, menjadi TNI merupakan cita-citanya sejak kecil. Ketika ada pembukaan penerimaan prajurit TNI, seseorang yang sudah dianggapnya orang tua, memberikan informasi untuk ikut seleksi.

Memang, tahap demi tahap seleksi diikutinya mulai dari tes administrasi hingga seleksi kesehatan di Korem Jambi.

Meski proses seleksi yang dilalui cukup berat, namun dirinya maklum karena tes tersebut merupakan syarat masuk TNI. Tak lupa ia meminta doa dua pemuda dari Suku ... Baca halaman selanjutnya