Tahun Ini, Pemkab Pessel Targetkan 3 Juta Kunjungan Wisatawan

Pantai Carocok Painan, salah satu objek wisata di Pessel
Pantai Carocok Painan, salah satu objek wisata di Pessel (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 2.9 juta hingga 3 juta orang, sepanjang 2019 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Hadi Susilo menyatakan, target capaian itu seiring visi daerah, dan cita-cita pemerintah daerah setelah Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu.

baca juga: Satu Pasien COVID-19 Asal Pessel Dinyatakan Sembuh

"Ini cita-cita kita dalam mewujudkan negeri sejuta pesona menjadi daerah destinasi utama wisata bahari di Sumatera Barat dan tertuang dalam revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021," sebutnya kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, target angka kunjungan wisatawan tahun ini, jauh dari angka tahun sebelumnya 2,6 juta orang lokal dan 180 ribu mancanegara.

baca juga: Satgas BUMN Salurkan Bantuan Penanganan COVID di Pessel

"Sedangkan target wisatawan mancanegara kita tahun ini sebanyak 185 ribu," jelasnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan ini, pihaknya dari pemerintah daerah telah melakukan berbagai langkah strategis, salah satunya dengan mengembangkan destinasi yang ada.

baca juga: Jelang Lebaran, Ribuan Anak Yatim dan Piatu di Pessel Dapat Santunan dari Baznas

"Untuk pengembangannya, kita siapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta dikuatkan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK)," terangnya.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Audy Joinaldi Berikan 300 Takjil untuk Pengendara dan Warga di Pessel

Penulis: Iwan R