Di Sumbar, Panglima TNI Sebut akan Gunakan Robot untuk Pengamanan Negara

"Kami telah melakukan pemantauan menggunakan teknologi ini di daerah Laut Natuna"
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Sistem pertahanan Negara kemungkinan nantinya akan berubah menjadi piramida terbalik dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang.

"Dalam era Revormasi Industri empat poin kosong yang sedang digalakkan, kemungkinan nantinya piramida dalam pertahanan negara kemungkinan akan berubah mengecil ke bawah," ujar Panglima TNI, Marsekal  Hadi Tjahjanto saat memberikan pemaparan di Universitas Muhammadiyah, Kamis 14 Maret 2019.

Dia mengatakan bahwa kemajuan teknologi akan membantu dalam hal pertahanan negara dengan menggunakan robot. "Kami telah melakukan pemantauan menggunakan teknologi ini di daerah Laut Natuna," lanjutnya.

Pihaknya melakukan pemantauan transportasi illegal yang tidak bisa dideteksi selama ini dengan menggunakan alat yang dimiliki TNI. "Selama ini transportasi ilegal di daerah itu tidak terdeteksi, dengan teknologi saat ini, kami bisa mendeteksinya," sambungnya.

Dengan begitu, ia mengatakan untuk pertahanan negara akan menggunakan teknologi yang sedang berkembang saat ini. "Kemungkinan nantinya kami akan menggunakan robot untuk melakukan pemantauan pengamanan negara," tutupnya.

[Halbert Caniago]