Tahun Ini, Pemkab Pessel Optimis Raih Kembali Piala Adipura

"Meski demikian, kita harus tetap fokus bisa kembali meraih. Karena penghargaan ini merupakan salah bentuk dedikasi kita terhadap lingkungan"
Kadis KLH Pessel, Jumsu Trisno (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mempersiapkan diri untuk kembali mendapatkan penghargaan Piala Adipura pada tahun ini setelah dua kali berturut-turut pada tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno mengakui, untuk Adipura tahun ini indikator penilaian cukup menjadi tantangan. Sebab, di tahun sebelumnya hanya tertuju untuk kota kecil, tahun ini penilaiannya menyeluruh ke setiap wilayah.

"Meski demikian, kita harus tetap fokus bisa kembali meraih. Karena penghargaan ini merupakan salah bentuk dedikasi kita terhadap lingkungan," sebut Jumsu Trisno kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, untuk beberapa indikator yang jadi penilaian tahun ini adalah lingkungan kantor, sekolah, pasar, sungai dan udara. Dimana setiap indikator akan dinilai sesuai penilaiannya.

"Jadi semuanya akan kita persiapkan, mulai dari penilaian kantor dan lain-lain. Termasuk juga sekokah, pasar dan kebersihan sungai," jelasnya.

Menurutnya, untuk memantapkan upaya ini, Pemkab telah menyiapkan 76 sekolah adiwiyata, 10 pasar tradisional terbersih dan 8 sungai besar yang jadi penilaian.

"Selain itu dari sekian banyak penilaiannya kita juga mendorong komunitas-komunitas cinta lingkungan, dan masyarkat untuk bisa bersama menjaga apa yang telah kita dapatkan,"tutup Jumsu Trisno.

Diketahui, Kabupaten Pesisir Selatan, meraih Piala Adipura secara berturut-turut sejak dua tahun terkahir, pada tahun 2017 dan tahun 2018. Hal itu patut diancungi jempol dan merupakan kebanggaan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

[Kiki Julnasri Priatama]