Tingkat Konsumsi Ikan di Sawahlunto Naik, Peluang Jadi Pembudidaya Ikan Terbuka

"Ada peluang besar bagi masyarakat untuk dapat menjadi pemasok produksi ikan "
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Hilmed Saat Membuka Peringatan Hari Makan Ikan Kota Sawahlunto (Humas Setdako Sawahlunto/Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Hilmed menyebutkan, peluang untuk menjadi pembudidaya ikan di Sawahlunto sangat terbuka lebar.

Hal tersebut, lanjut Hilmed, dapat dilihat dari tingkat konsumsi ikan masyarakat Sawahlunto di tahun 2018 setiap orang mencapai 19,2 kilogram pertahun, angka tersebut merangkak naik dari tahun 2017, sebesar 18,1 kilogram pertahun.

Sementara itu, tingkat produksi ikan air tawar di Sawahlunto pada tahun 2018 tercatat di angka 216 ton pertahun. Angka produksi ini juga meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya 214 ton pada tahun 2017.

"Tingkat konsumsi ikan dan produksi ikan di Sawahlunto kami dapatkan dari survei dan penghitungan sampel di lapangan, terus menunjukkan kenaikan," katanya usai membuka kegiatan Gemar Makan Ikan di Sawahlunto, Kamis 14 Maret 2019.

Hilmed menambahkan, dengan memperhatikan perbandingan antara angka produksi dengan angka konsumsi, bisa dilihat bahwa peluang untuk pembudidaya ikan di Sawahlunto terbuka lebar.

"Ada peluang besar bagi masyarakat untuk dapat menjadi pemasok produksi ikan tersebut dengan menjadi pembudidaya ikan maupun memproduksi produk turunan berbahan baku ikan," tambahnya.

Sehubungan dengan itu, pihaknya memberikan beberapa program untuk memfasilitasi masyarakat untuk dapat menjadi pembudidaya ikan. Diantaranya melalui pemberian bantuan bibit ikan.

"Silahkan masyarakat yang memiliki kolam di rumah yang bisa dijadikan produktif dengan diisi ikan, bisa mengajukan permohonan untuk dibantu bibit ikannya. Caranya silahkan lapor ke pemerintahan desa setempat. Nanti dari tim Dinas terkait akan turun untuk survei bagaimana kondisi kolam dan sebagainya," jelas Hilmed.

Jenis bibit ikan yang bisa diberikan, yakni ikan gurami, ... Baca halaman selanjutnya