Seniman Asal Minang Tertembak di Selandia Baru, Ini Komentar Anton Rais

"Zulfirmansyah merupakan tamatan SMSR Padang 97 dan juga lulusan ISI Yogyakarta Jurusan Seni Lukis"
Zulfirman Syah dan anaknya yang menjadi korban penembakan di Selandia Baru (Istimewa)

KLIKPOSITIF -- Kabar duka dari Selandia Baru cepat menyebar di lini massa dan media sosial. Salah satu informasinya adalah salah seorang korban merupakan seniman asal Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dialah Zulfirman Syah, seniman Minang yang sebelumnya bergiat di Sakato Art Community, sebuah kelompok seniman seni rupa Indonesia yang beranggotakan seniman asal Sumatera Barat atau Minangkabau.

Salah seorang rekan Zulfirman Syah di Sakato Art Community, Anton Rais Makoginta saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat 15 Maret 2019 mengatakan Zulfirman Syah baru pindah sejak dua bulan terakhir. Ia bersama istri dan anaknya memutuskan untuk pindah dan menetap di Selandia Baru.

"Sepengetahuan saya, Panjuak (panggilan Zulfirman Syah) pindah dan tinggal di Selandia Baru sekitar 2 bulan terakhir. Dia ke sana bersama anak dan istrinya dan kegiatan di sana tetap melukis serta mencoba untuk merantau di sana," ujar Anton.

Anton menjelaskan kepindahan temannya tersebut ke Selandia Baru karena di Selandia Baru selama ini dikenal sebagai salah satu daerah yang aman dan ternyaman. Di sana dikatakannya juga tidak ada konflik sosial dan menurutnya hal tersebut menjadi alasan kepindahan Zulfirman Syah yang akrab disapa Panjuak ini.

"Dengan adanya kejadian ini barangkali dunia terkejut bahwa kejadian tersebut bisa terjadi di Selandia baru. Kemudian istrinya Zulfirman Syah sejak pindah dari Amerika juga bekerja di Selandia Baru," katanya.

Saat ini dikatakan Anton, berdasarkan informasi dari istrinya, kondisi suami dan anaknya dalam keadaan cidera. Istrinya menyampaikan bahwa suaminya tertembak bagian paru-paru dan anaknya pada bagian kaki kanannya.

"Info terbaru, suaminya atau Zulfirman Syah tengah menjalani operasi dan koma. Sedangkan anaknya masih dirawat serta mengalami trauma," katanya.

Anton menambahkan bahwa Zulfirmansyah merupakan tamatan SMSR Padang 97 dan juga lulusan ISI Yogyakarta Jurusan Seni Lukis. Ia ... Baca halaman selanjutnya