Tingkatkan Produktivitas, Wagub Sumbar : Petani Harus Disediakan Bibit Unggul

"Mayoritas masyarakat Sumbar petani belum sejahterah dari hasil pertanian mereka"
Petani di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan tengah panen raya, Jumat, 15 Maret 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebutkan, inovasi disektor pertanian sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian. Pasalnya hampir 60 persen masyarakat Sumbar berprofesi sebagai petani di daerah itu.

"Daya saing hasil pertanian kita harus ditingkatkan melalui inovasi di sektor pertanian. Mayoritas masyarakat Sumbar petani belum sejahterah dari hasil pertanian mereka," katanya Jumat, 15 Maret 2019.

Menurutnya petani di Sumbar harus diberikan bibit unggul sebagai pendukung hasil pertanian, sehingga hasil memuaskan. Untuk penyediaan bibit unggul tersebut Pemprov Sumbar kerjasama ke Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

"Sumbar membutuhkan peningkatan sektor produksi pertanian baik di sektor pangan seperti jagung, padi, cabe, kakao, kopi, serai wangi dan nilam serta hortikultura seperti bawang merah dan bawang putih," ujarnya.

Balitbang Kementan bersedia membantu dalam penyediaan bibit unggul agar peningkatan produktivitas sektor pertanian dan perkebunan terwujud.

Saat ini Balitbangtan telah menyediakan bibit padi gogo, jagung, alpukat dan lain-lainnya yang memiliki produktifitas yang luar biasa yang sudah diinovasikan. Bukan hanya bibit namun dalam inovasi teknologi pengolahan hasil dari pertanian dan perkebunan tersebut.

"Inovasi diharapkan tidak hanya pada bibit tapi juga terhadap hasil pertanian. Kemudian perkebunan juga bisa dikembangkan menjadi agro wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan, pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Litbangtan Muhammad Prahma Yufdy menyampaikan, Balitbangtan Kementerian Pertanian RI akan membantu menyediakan bibit unggul untuk membantu meningkatkan produktivitas di Sumbar.

"Kami akan bantu apakah itu dalam bidang pangan maupun hortikultura karena potensi yang dimiliki Sumbar ... Baca halaman selanjutnya