Simpati Dunia untuk Korban Penembakan Selandia Baru

"Sebuah pos stasiun penyiaran publik Selandia Baru menunjukkan bunga-bunga tertinggal di luar sebuah masjid di Auckland. "
orang mengekspresikan simpati mereka kepada para korban dengan meninggalkan bunga di masjid-masjid lokal di Selandia Baru dan di seluruh dunia. (twitter.com/TessBrunton489)

KLIKPOSITIF - Setelah serangan teror terhadap dua masjid Christchurch yang menyebabkan 49 orang meninggal dunia dan melukai sedikitnya 20 orang, semua orang mengekspresikan simpati mereka kepada para korban dengan meninggalkan bunga di masjid-masjid lokal di Selandia Baru dan di seluruh dunia.

Sebuah pos stasiun penyiaran publik Selandia Baru menunjukkan bunga-bunga tertinggal di luar sebuah masjid di Auckland. Segera setelah itu, gambar peringatan serupa di masjid-masjid lain di seluruh negeri mulai muncul di Twitter.

Banyak orang yang meninggalkan bunga yang bukan hanya berasal dari pihak Muslim sendiri. Sebaliknya, upeti bunga telah menjadi cara bagi orang untuk mengekspresikan persatuan dan solidaritas dalam menghadapi sentimen Islamofobia dan anti-imigrasi.

Di London, Peringatan Perang Selandia Baru di Hyde Park Corner menjadi pusat berkabung. Beberapa orang berkumpul untuk berjaga di Jumat malam dan meletakkan bunga menyatakan belasungkawa mereka.

Dilansir dari laman Time, bunga dan pesan kebaikan telah muncul di bagian lain dunia. Satu masjid di Vancouver membagikan gambar mereka di Twitter. Banyak lagi di Eropa dan di AS sudah mulai melakukan hal yang sama.

Perdana Menteri Jacinda Ardern menggambarkan sebagai serangan teroris dan salah satu hari paling gelap di Selandia Baru. Serangan itu dilakukan oleh seorang nasionalis kulit putih Australia yang merinci motivasinya dalam manifesto 74 halaman. Pria itu, yang kini dalam tahanan, menyiarkan langsung tindakannya di Facebook. Sementara posting asli telah dihapus, situs media sosial telah berjuang untuk menghapus rekaman dari video online yang mengerikan itu.