Studi: Indera Telinga Manusia Tak Pernah Tidur

" Indera telinga manusia ternyata tak pernah tidur."
otak anak-anak menunjukkan tanda positif ketika mereka mendengar kata acak tersebut (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan di sekitar orang yang tertidur. Ketika Anda tidur, Anda mungkin berpikir bahwa semua panca indera akan ikut tertidur. Tetapi, riset terbaru oleh para peneliti Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat menunjukkan kesimpulan yang berbeda. Indera telinga manusia ternyata tak pernah tidur.

Para pakar meneliti anak-anak usia prasekolah saat mereka sedang tidur. "Jenis lingkungan di mana anak-anak tidur telah menjadi topik pembicaraan, terutama dalam beberapa tahun terakhir," kata salah satu peneliti, Adrienne Roman, PhD.

"Namun, ada satu celah besar dalam literatur dan pembahasan tentang apa yang terjadi dengan anak-anak usia prasekolah, yang merupakan poin penting kami," jelasnya. Dalam riset tersebut, anak-anak yang sedang tidur dihubungkan dengan mesin EEG portabel dan kemudian diputar tiga kata acak. Ketika anak-anak bangun, mereka dihubungkan lagi dengan mesin EEG (Electroencephalography) dan memutar serangkaian kata-kata, termasuk kata acak yang sempat diputar saat mereka tidur.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, hasilnya, otak anak-anak menunjukkan tanda positif ketika mereka mendengar kata acak tersebut, yang menunjukkan bahwa mereka dapat mengenali suara itu.

"Salah satu tujuan riset ini adalah semakin memahami bagaimana otak anak-anak berkembang dan apakah mereka masih merekam informasi saat tidur," tambah Roman.

Namun, riset ini ternyata juga menambah informasi bahwa orangtua masih bisa bicara pada anaknya yang tengah tidur karena otak mereka tetap bisa merekam apa yang dikatakan oleh orang tua.

 [Rahil Adila]