Bangunan Rumah Gadang Terbakar Saat Penghuni Hendak Goreng Kerupuk

"Ketika memanaskan minyak, api menyambar dinding bangunan rumah"
Ilustrasi (Net)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Satu bangunan Rumah Gadang di Nagari Tanjuang Bingkuang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok terbakar pada Sabtu 16 Maret 2019. Rumah itu diketahui merupakan tempat usaha kerupuk.

Diketahui, kejadian ini berawal ketika sejumlah pekerja usaha kerupuk di rumah milik Yenita Samsyui (38) tersebut sedang memanaskan minyak untuk menggoreng kerupuk.

Namun tiba-tiba, ketika memanaskan minyak, api menyambar dinding bangunan rumah yang terbuat dari kayu. Api seketika langsung membesar dan tak terkendali.

Orang-orang yang berada dirumah itu lantas langsung berusaha memadamkan api, namun bangunan rumah yang terbuat dari kayu membuat usaha mereka sia-sia dan api kian membesar.

Bahkan, dua pekerja usaha kerupuk yang bernama Bowo Firgian dan rekannya Arif mengalami luka bakar di bagian tangan kiri saat mencoba memadamkan api. Warga sekitar yang mendapati rumah korban terbakar ikut membantu.

Tidak berselang lama, dua unit mobil pemadam kebakaran milik kabupaten, dibantu 3 unit mobil pemadam kota Solok datang dan memadamkan api.

Kapolsek Kubung AKP Afdimon mengatakan tidak ada korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta.

"Dari olah TKP, Kesimpulan sementara, Kebakaran dipicu oleh api yang menyembur saat karyawan korban menyalakan kompor," katanya.

[Syafriadi]