Perantau Minang di Pekanbaru dapat Pelayanan Khusus Pencatatan Kependudukan

"Sesuai kesepakatan bersama, khusus untuk perantau Sumbar di Riau direncanakan acara pelayanan adminduk di Pekanbaru pada bulan November 2019"
Ilustrasi perlengkapan pencatatan data kependudukan (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumatera Barat (Disdukcapil Sumbar) bersama Disdukcapil Provinsi Riau menggelar forum bersama dalam pencatatan data penduduk. Salah satunya Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) perantau Sumbar di Riau.

Kepala Dinas Pengendalian Keluarga Berencana, Kependudukan dan Catatan Sipil Sumbar Novrial mengatakan, perantau Sumbar yang ada di Riau akan mendapatkan pelayanan khusus dari kerja sama kedua provinsi ini.

"Sesuai kesepakatan bersama, khusus untuk perantau Sumbar di Riau direncanakan acara pelayanan adminduk di Pekanbaru pada bulan November 2019," ujarnya, Senin, 18 Maret 2019.

Selain pelayanan adminduk terhadap perantau, juga akan digelar pelayanan bersama di wilayah perbatasan Pasaman - Rokan Hulu, Lima puluh kota - Kampar dan Sijunjung, Dharmasraya - Kuantan Senggigi.

"Kami juga akan lakukan penyatuan persyaratan pelayanan dokumen adminduk, fasilitasi dokumen pindah datang antar daerah, dan fasilitasi pelayanan perantau di daerah masing-masing," terang Novrial.

Dilanjutkannya pembentukan forum bersama dua provinsi ini pertama kali dilakukan oleh 34 provinsi se Indonesia. Kedepan sebagai tindak lanjut kedua provinsi akan diadakan rapat kerja dua kali setahun bergantian di masing - masing provinsi.

"Forum bersama ini ada kerena kekaguman Riau akan prestasi Pesisir Selatan kategori layanan khusus. Ini berkat sinergi bersama," tuturnya. (*)