Kemenhub: Bandara Sentari Siap Bantu Penanganan Bencana

"Bantuan dan koordinasi ini penting dilakukan, beberapa UPBU juga stand by jika diperlukan untuk mem-back up operasi Bandara Sentani dalam memberi dukungan penanganan bencana"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Hubud), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyatakan, kesiapan Bandar Udara Sentani untuk ikut dalam membantu penanganan bencana banjir dan membantu evakuasi warga terdampak di wilayah Sentani, Kabupaten Jaya Pura, Papua, Sabtu (16/3/2019) malam.

Direktur Jenderal Hubud, Polana B Pramesti, juga menginstruksikan Otoritas Bandar Udara (OBU) dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) di Papua dan Papua Barat untuk berkoordinasi membantu penanganan bencana di Sentani.

“Bantuan dan koordinasi ini penting dilakukan, beberapa UPBU juga stand by jika diperlukan untuk mem-back up operasi Bandara Sentani dalam memberi dukungan penanganan bencana,” kata Polana, di Jakarta.

Untuk penanganan, Ditjen Hubud juga memiliki Tim Quick Respons berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor : KP 16 Tahun 2019 tentang Tim Cepat Tanggap (Quick Respons Team) Operasional Penerbangan Pasca Bencana Alam yang memberikan bantuan teknis, bahkan jika dibutuhkan akan terjun langsung ke lokasi terjadinya bencana.

Berdasarkan informasi, Koordinator Out Sourching PT Tosari, penyedia tenaga outsourching di Bandara Sentani, Lala beserta suami dan anaknya menjadi korban saat ini. Jenazah telah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Papua.

“Kami menyampaikan dukacita atas musibah yang terjadi. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan dan kesabaran,” tutup Polana. (*)