KPU Payakumbuh Terangkan Aturan Terkait Tiga Kategori Pemilih untuk Pemilu

"Terdapat tiga kategori pemilih untuk Pemilu April mendatang, yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK)."
Sosialisasi Pemilu yang dilakukan KPU Payakumbuh di salah satu cafe di Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin 18 Februari 2019. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh memastikan terdapat tiga kategori pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) April mendatang, yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Komisioner KPU Kota Payakumbuh Divisi Parmas, Nina Trisna menerangkan, kategori DPT adalah pemilih yang disusun KPU berdasarkan data pemilih pada pemilu terakhir yang disandingkan dengan data kependudukan Kemendagri.

Selanjutnya DPTb adalah pemilih yang sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang sudah didata.

Untuk DPK adalah warga yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT. Pemilih kategori ini bisa menggunakan hak pilihnya cukup dengan membawa KTP-el di TPS terdekat sesuai alamat pada KTP-el. Khusus DPK ini Tidak bisa mencoblos di TPS di luar alamat KTP-el. Pemilih dalam DPK hanya bisa menggunakan hak pilihnya satu jam terakhir sebelum TPS ditutup yaitu pukul 12.00-13.00 waktu setempat.

"Jadi dari tiga kategori pemilih tersebut belum tentu semuanya akan mendapat lima surat suara tersebut," kata Nina saat menghadiri kegiatan sosialisasi Pemilu yang digelar Forum Peduli Masyarakat Sumatera Barat (FPMS) di salah satu cafe di Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin 18 Februari 2019.

Dia mencontohkan, untuk pemilih yang kategori DPTb, mereka hanya akan mendapatkan suara sesuai dengan Daerah Pemilihan (Dapil) asalnya.

"Kalau warga yang bersangkutan berasal dari Kota Padang contohnya dan nanti dia memilih di Kota Payakumbuh, mereka tentu hanya akan mendapatkan surat suara untuk presiden dan DPD RI saja. Untuk DPR RI karena Dapil Kota Padang dan Kota Payakumbuh berbeda maka yang bersangkutan tidak mendapat surat suara, demikian juga untuk DPR Provinsi dan DPRD Kota," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Nina juga mengakui, masih ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui tata cara pencoblosan pada ... Baca halaman selanjutnya