BNN Sumbar Tangkap Bandar Bawa Satu Kilogram Sabu di Jalan Lintas

"Saat mobil tersebut diberhentikan, kami langsung melakukan penggeledahan dan kami menemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu di dalam mobilnya, di bawah kursi tengah kendaraan itu"
Pihak BNN memperlihatkan tersangka dan juga barang bukti sabu (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar membekuk seorang bandar dan seorang kurir narkoba pada Jumat 15 Maret 2017 lalu di Jalan lintas Sumatera Barat, Padang-Bukittinggi.

Barang bukti yang diamankan pihak terkait berupa sabu yang diperkirakan lebih kurang satu kilogram.

Penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi bahwa akan ada narkoba yang masuk ke Kota Padang dengan menggunakan mobil.

"Awalnya kami mendapatkan informasi akan ada narkoba masuk ke Padang dengan menggunakan mobil Avanza silver," ujar Kepala BNNP Sumbar, Brigjen Pol Kasril, Senin 18 Maret 2019.

Ia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Satlantas Polres Padang Pariaman untuk memberhentikan mobil tersebut.

"Saat mobil tersebut diberhentikan, kami langsung melakukan penggeledahan dan kami menemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu di dalam mobilnya, di bawah kursi tengah kendaraan itu," lanjutnya.

Saat menemukan barang bukti, tersangka atas nama Muhammad Yamin (37) mencoba melakukan perlawanan.

"Karena melakukan perlawanan, terpaksa kami melumpuhkannya dengan satu tembakan pada bagian kakinya," lanjutnya.

Setelah itu, pihaknya langsung melakukan pengembangan kepada seorang atas nama Beni Putra (26) yang akan menerima narkoba jenis sabu-sabu tersebut.

"Kami langsung melakukan pengembangan dan mengamankan tersangka kedua di rumahnya di Jalan Kis Mangun Sarkoro," lanjutnya.

Kedua pelaku langsung diamankan di sel tahanan BNNP Sumbar dan dilakukan penyidikan terkait barang bukti yang diamankan tersebut.

"Keduanya kami ancam dengan pasal 112 Jo 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati," tutupnya. [Halbert Caniago]