Seorang Pelaku Pencurian Mobil Ditangkap Polres Sijunjung, Dua Lainnya DPO

"Saat ditemukan penyidik beserta korban dan saksi, tersangka sudah merubah identitas kendaraan dengan mengganti plat nomor polisi dari BA 9909 KQ menjadi BM 9231 DF"
Saat Press Release di Mapolres Sijunjung, Senin 18 Maret 2019 (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung, Kepolisian Sektor (Polsek) Koto VII, berhasil mengungkap praktik pencurian satu unit mobil pickup merk Mitsubishi L300 bernopol BA 9909 KQ, Jum'at 22 Februari 2019 lalu.

Dalam pengungkapan tersebut diamankan seorang tersangka berinisial Y (40) warga Jorong Balerong, Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Ia ditangkap di Sawah Piyai, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok

Kapolres Sijunjung, AKBP Driharto mengatakan, berawal dari laporan warga bernama Mustakim yang kehilangan mobilnya di Jorong Aur Gading, Nagari Limo, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung dengan nomor polisi : LP/05/II/2019/SPKT-Polsek Koto VII, tanggal 22 Februari 2019.

Setelah dilakukan penyelidikan, lanjut Driharto, didapatkan informasi mobil yang memiliki ciri-ciri milik korban berada di Sawah Piyai, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok.

Saat ditemukan penyidik beserta korban dan saksi, tersangka sudah merubah identitas kendaraan dengan mengganti plat nomor polisi dari BA 9909 KQ menjadi BM 9231 DF.

"Tersangka Y sempat berkilah ketika ditanya sambil menunjukkan STNK dengan nomor polisi BM 9231 DF tersebut. Penyidik yang tidak yakin begitu saja, lalu memeriksa isi kendaraan dan ditemukanlah buku KIR yang menyangkut kendaraan nomor polisi BA 9909 KQ," katanya saat press release di Mapolres Sijunjung, Senin 18 Maret 2019.

"Dengan adanya bukti, tersangka mengakui bahwa mobil pickup tersebut merupakan hasil curian yang dilakukan bersama dua orang rekan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Sijunjung yakni, DF (38) yang beralamat sama dengan Y, dan J (43) warga Lubuk Basung, Kabupaten Agam," sambungnya.

Driharto menambahkan, modus operandi yang dilakukan tersangka, mereka sengaja menyewa sebuah minibus untuk mencari target. Kemudian sampailah di Jorong Aur Gading atau didepan kantor Wali Jorong, tersangka melihat sebuah mobil ... Baca halaman selanjutnya