Penerimaan PBB Payakumbuh 2018 Rendah, Wali Kota Minta Camat dan Lurah Proaktif

"Pada 2018 lalu, dari target Rp 2,7 Miliar, penerimaan PBB-P2 baru 1,7 M atau baru 63,89 persen dan untuk tahun 2019 ditargetkan lebih baik dari capaian tahun lalu itu,"
Wali Kota Payakumbuh pada saat menggelar rapat koordinasi Intensifikasi PBB-P2 di Balai Kota Payakumbuh, Senin (18/3). (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Rendahnya penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) Kota Payakumbuh pada 2018 yang hanya mencapai angka 63,89 persen dari target yang sudah ditetapkan jadi perhatian Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

"Pada 2018 lalu, dari target Rp 2,7 Miliar, penerimaan PBB-P2 baru 1,7 M atau baru 63,89 persen dan untuk tahun 2019 ditargetkan lebih baik dari capaian tahun lalu itu," kata Riza Falepi saat menghadiri Rapat Koordinasi Intensifikasi PBB-P2 di Lantai III Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (18/3).

Menurutnya, untuk meningkatkan penerimaan PBB-P2 pada 2019 ini, ia meminta para camat dan lurah di daerahnya untuk melakukan terobosan sebagai upaya peningkatan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu.

"Khusus PBB-P2 ini peranan camat dan lurah sebagai ujung tombak pemerintah sangat dibutuhkan karena berhubungan langsung dengan masyarakat selaku wajib pajak. Karena itu, harus ada upaya khusus untuk meningkatkan PAD dari Pajak Bumi dan Bangunan ini," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Payakumbuh, Syafwal menyebutkan untuk penerimaan PBB-P2 akan ada insentif yang diberikan kepada kolektor PBB, serta lurah dan camat untuk mendongrak penerimaan PBB P-2 2019.

"Pembagian Insentif akan diberikan 5 persen dari penerimaan. 3 persen untuk Kolektor PBB, 2 persen untuk camat dan lurah dengan syarat di triwulan satu harus tercapai 15 persen, triwulan dua dengan capaian 40 persen, triwulan tiga dengan capaian 75 persen, dan triwulan empat dengan capaian lebih dari 75 persen," katanya.

Ditambahkannya, camat dan lurah harus mengawasi langsung proses pemungutan dan penyetoran PBB-P2 yang dilakukan kolektor PBB di kelurahan.

"Mari kita bekerja keras bersama-sama setidaknya apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita bisa kita laksanakan, dan kepada Camat dan Lurah agar mengawasi Kolektor PBB-P2 karena masih ditemukan pemungutan ... Baca halaman selanjutnya