Salahi Aturan, Bawaslu Agam Kembali Tertibkan Seribu Lebih APK

"Penertiban dilakukan bersama tim gabungan dengan menyisiri jalan protokol hingga pelosok nagari, "
Bawaslu tertibkan seribuan APK (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kabupaten Agam, kembali lakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang menyalahi aturan, yang digelar serentak di 16 Kecamatan di daerah itu, Senin (18/3).

Penertiban dilakukan bersama tim gabungan dengan menyisiri jalan protokol hingga pelosok nagari, yang sebelumnya diawali apel pagi di setiap kecamatan.

Informasi yang diperoleh, penertiban fokus terhadap APK berupa spanduk, baliho dan umbul-umbul yang dipasang di luar zona atau tempat yang tidak diperbolehkan seperti pohon pelindung, tiang listrik dan tiang telepon.

Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan, setelah penertiban yang dilakukan tahun 2018, masih ditemui APK yang melanggar. Terutama menyalahi Perda Kabupaten Agam nomor 2 tahun 2009 tentang ketertiban, kebersihan, keindahan (K3).

"Sebelum penertiban kami juga sudah berikan surat kepada partai politik, peserta pemilu untuk menurunkan APK tersebut," ujarnya.

Jumlah APK mengenai hasil penertiban tersebut, dikatakan Elvys, belum bisa diumumkan secara detail. Namun, gambaran umum rata-rata APK yang dibongkar di tiap kecamatan berkisar antara 80 hingga 100 helai.

"Jika diakumulasi seluruh kecamatan, maka jumlahnya telah melebihi seribuan," katanya.

Disebutkan, berdasarkan rapat yang digelar bersama Pemkab Agam beberapa hari sebelum penertiban, masih banyak spanduk, baliho dan umbul-umbul yang menyalahi aturan.

Oleh karena itu, tim penertiban tingkat kabupaten dibagi menjadi empat tim, yang bertugas untuk menyisir jalur utama dan jalan protokol. Sedangkan untuk pelosok nagari, penertiban dilakukan melalui tim yang dibentuk oleh setiap kecamatan.

Bawaslu Agam minta partai politik, peserta pemilu dan tim sukses agar mematuhi peraturan yang berlaku. Untuk menjaga keamanan dan keindahan kampung, perlu juga memperhatikan larangan-larangan dalam Perda.

"Selama masa kampanye, pemasangan alat peraga maupun APK harus sesuai aturan. Untuk ... Baca halaman selanjutnya