TdS Lewati Mandeh, Wagub Sumbar: Ini Akan Jadi Ajang Promosi Kelas Dunia

"Mandeh ini perlu dipromosikan ke dunia. Saya sangat setuju jika TdS dapat melewati mandeh"
Ruas jalan menuju kawasan Mandeh (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF -- Jalan menuju kawasan mandeh telah rampung beberapa waktu lalu, dimana jalan sepanjang 41,08 kilometer (km) banyak dijadikan spot untuk berfoto bagi masyarakat karena keindahan alam yang indah ketika melalui jalan itu.

Wagub Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, dengan ruas jalan menuju mandeh itu telah rampung dan mulus. Maka, sangat perlu dilakukan promosi, bahkan jika dapat dijadikan jalur Tour de Singkarak (TdS) 2019.

"Mandeh ini perlu dipromosikan ke dunia. Saya sangat setuju jika TdS dapat melewati mandeh. Meskipun, jalan ini hanya satu jalur namun ini dapat jadi rujukan untuk jalur TdS. Namun, itu tergantung Pemkab Pessel dan Dinas Pariwisata, ini kan bisa jadi lokasi star atau finish," ujarnya.

Dilanjutkannya, dengan pesona keindahan alam mandeh ini, mereka yang datang berkunjung ke lokasi ini pasti akan terkagum-kagum, apalagi jika menyaksikan mandeh ini melalui drone udara, akan terlihat keindahan mandeh menyeluruh.

"Jika dilihat dan ambil gambar dari drone udara akan terlihat keindahannya, maka perlu segera dipromosikan dari sekarang," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan, kawasan wisata Mandeh kemungkinan akan dilewati pebalap saat Tour de Singkarak yang rencananya digelar pada 2 hingga 10 November 2019 mendatang. "Tim survei TdS akan melewati kawasan Mandeh nantinya," ujar Oni.

Dijelaskan Oni, dilaluinya Mandeh oleh pebalap TdS akan menjadi promosi yang positif bagi kawasan Raja Ampat-nya Sumatra itu. Apalagi dilihat langsung oleh ratusan pebalap dari berbagai negara. "Jalan mulus dan lebar memungkinkan untuk dilewati pebalap. Mudah-mudahan bisa dan masuk dalam rute TdS 2019," katanya.

Bisa saja para pebalap start dari pantai Carocok Painan kemudian memasuki kawasan Tarusan arah ke Mandeh dan tembus di jalan Bungus Teluk Kabung. "Saya sudah dua kali melewati jalan itu, jalannya bagus dan lebar, bahkan wisata pantai, ... Baca halaman selanjutnya