Sekdaprov Sumbar: Megathrust Mentawai Isu Dunia, Ibarat "Durian Masak"

"Megathrust Mentawai ibarat durian Masak, kapan jatuhnya? pertanyaan ini tidak satupun manusia bisa memastikannya walaupun banyak penelitian dari ahli. Akan tetapi perlu kesiapansiagaan bencana"
Rapat Teknis Pebaikan Darurat di Padang, Selasa, 19 Maret 2019 (Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Alwis, menyampaikan, ancaman Megathrust Mentawai sudah menjadi isu dunia walaupun belum bisa dipastikan kapan datangnya. Namun perlu dilakukan mitigasi sebagai upaya kesiapsiagaan bencana secara berkelanjutan. Sehingga masyarakat ramah dengan bencana dan menjadikan bencana sebagai sahabat.

"Megathrust Mentawai ibarat durian Masak, kapan jatuhnya? pertanyaan ini tidak satupun manusia bisa memastikannya walaupun banyak penelitian dari ahli. Akan tetapi perlu kesiapansiagaan bencana," ujarnya, saat membuka Rapat Teknis Perbaikan Darurat di Padang, Selasa, 19 Maret 2019.

Dikatakannya, Sumbar merupakan daerah dengan intensitas kejadian bencana cukup tinggi. Diantaranya gempa bumi yang disebabkan pergerakan tiga lempeng yang melintasi daerah tersebut. Lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia di lokasi Mentawai Megatrust, Mentawai Fault System serta Sumatera Fault System (sesar sumatera). Tidak hanya itu, banjir dan longsor juga mengintai.

"Untuk itu perlu sosialisasi pencegahan bencana melalui simulasi secara berkala dan teratur dalam penanggulangan bencana, termasuk kesiapan sarana dan prasarana," ujarnya.

Menurutnya, semua pihak berkewajiban memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama bagi daerah kabupaten dan kota pesisir pantai di Sumbar. "Semua stok holder harus mengidentifikasi kembali bagaimana bisa meminimalisir korban bencana ini, tidak hanya BPBD," terang Alwis.

Sementara itu, Direktur Bantuan Darurat Direktorat Perbaikan Darurat BNPB Medi Herlianto mengatakan, masyarakat sering lupa dengan mitigasi bencana. Bahkan kadang kala mereka tidak tahu apa yang akan mereka lakukan saat terjadi bencana.

Maka, BPBD garda terdapat mempunyai tugas ... Baca halaman selanjutnya