Ini Harapan Bupati Solok pada Masyarakat Terkait Potensi Bencana Alam

"wilayah kabupaten Solok juga sangat rentan dengan berbagai bentuk bencana alam. Baik gempa bumi, Banjir dan berbagai bentuk potensi bencana lainnya."
Kesiapsiagaan bencana dapat menurunkan resiko bencana (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Bupati Solok H. Gusmal meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadi di wilayah kabupaten Solok. Hal itu mengingat seringnya terjadi bencana di berbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini.

Apalagi, wilayah kabupaten Solok juga sangat rentan dengan berbagai bentuk bencana alam. Baik gempa bumi, Banjir dan berbagai bentuk potensi bencana lainnya.

"Masyarakat harus tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana yang bisa datang kapan saja," sebut Gusmal, Selasa (19/3).

Menurut Gusmal, Penanggulangan bencana saat ini tidak lagi hanya terfokus kepada tanggap darurat saja, tetapi bergeser kepada upaya pengurangan resiko melalui kesiapansiagaan bencana.

Untuk lebih memaksimalkan penanganan bencana di masa yang akan datang. Gusmal meminta seluruh Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di nagari untuk tetap aktif bergerak.

Tidak hanya potensi relawan yang ada di nagari yang ikut berperan, namun Gusmal meminta OPD terkait untuk menyiapkan program-program untuk menekan resiko bencana.

"Penanggulangan bencana di daerah menjadi tanggungjawab semua pihak, bukan saja BPBD dan dinas terkait lainnya," Tegas Gusmal.

Disisi lain, sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Solok, Edward menjelaskan, selain membina KSB yang ada di nagari-nagari, pihaknya juga memberikan bekal bagi aparatur pemerintahan.

"Sosialisasi terhadap aparatur kecamatan dan nagari juga perlu, jadi mereka paham apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana di daerahnya," cetus Edward. (Syafriadi)