Tanamkan Nilai Tradisi Berakar Budaya, Dinas Pendidikan Sijunjung Gelar FLS2N-SD

"sebagai wadah berkreasi dalam menampilkan karya kreatif dan inovatif dari peserta didik untuk pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan"
Saat Pembukaan FLS2N Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sijunjung (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Untuk menanamkan dan meningkatkan apresisasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar (FLS2N-SD).

Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Syukur mengatakan, kegiatan FLS2N-SD tersebut diikuti oleh 56 orang siswa dari kelas 4, 5 dan 6 yang merupakan perwakilan dari 8 kecamatan.

Dalam kegiatan rutin setiap tahun ini, sambungnya, sebagai wadah berkreasi dalam menampilkan karya kreatif dan inovatif dari peserta didik untuk pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

"Dengan FLS2N-SD, diharapkan dapat tetap memelihara semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya," katanya usai membuka acara di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa 19 Maret 2019.

Syukur menambahkan, yang paling utama, berdampak pada peserta didik dalam menyiapkan diri menghadapi tantangan perkembangan informasi tanpa batas, kemajuan teknologi, dan kepekaan terhadap persoalan sosial, budaya, dan lingkungan.

Diketahui, ada lima lomba dalam. FLS2N-SD Kabupaten Sijunjung yakni, lomba menyanyi tunggal dan lomba seni tari, lomba pantomim, lomba gambar bercerita dan lomba kriya anyam, dengan dewan juri dari Universitas Negeri Padang (UNP) Padang, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dan dari Kabupaten Sijunjung.

"Peserta yang meraih juara 1 nantinya, akan mewakili Kabupaten Sijunjung ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat," tuturnya.(*)