Modus Maling Teriak Maling Terungkap, Warga Agam Diringkus Polisi Padang Panjang

"Tersangka berinisial E (47) alias Pak Kamba ditangkap karena diduga mencuri uang senilai Rp 35 juta milik juragan ternak, Asrul. "
Tersangka pencurian dan pembuat laporan palsu terancam mendekam di penjara dalam waktu lama (Ist)

PADANGPANJANG, KLIKPOSITIF --Seorang warga Jorong Koto Tangah Hilir, Nagari KotoTangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam diringkus oleh jajaran Polsek X Koto (Polres Padangpanjang), Selasa 19 Maret 2019. 

Tersangka berinisial E (47) alias Pak Kamba ditangkap karena diduga mencuri uang senilai Rp 35 juta milik juragan ternak, Asrul. 

Kapolsek X Koto, AKP Rita Saryanti mengatakan, modus tersangka dengan cara membuat laporan palsu ke polisi bahwa dirinya menjadi korban perampokan.  

“Modusnya maling teriak maling," kata Kapolsek. 

Rita menjelaskan, tersangka membuat skenario  perampokan terhadap dirinya oleh dua orang tidak dikenal di kawasan pinggir Jalan Tanjuang Jorong Kandang, Guguak Nagari Koto Laweh Kecamatan  X Koto Kabupaten Tanahdatar, Rabu 19 Maret sekitar pukul 16.30 WIB.

Skenario yang dibuat tersangka berawal saat tersangka akan menjemput sapi yang sudah dibeli Asrul. Sesuai rencana sapi akan dijemput  menggunakan mobil L300 BA 9953 LV.

“Diperjalanan,  tersangka  kebelet buang air dan turun dari mobil untuk buang air kecil. Saat itu juga tersangka diserang dua orang tidak dikenal dan melakukan kekeran terhadap tersangka dan membawa uang pembelian sapi yang sudah disiapkan,” sebut Rita menjelaskan  terkait laporan polisi palsu yang buat tersangka.

Terkait LP tersebut, penyidik langsung turun ke lapangan untuk melakukan identifikasi dan olah  tempat kejadian perkara (TKP).  Penyelidikan yang dilakukan, menemukan sejumlah hal yang aneh.  

“Setelah ditanyai, korban akhirnya mengaku membuat laporan palsu," sebut Kapolsek. (rj)