Logistik Pemilu di Pessel Didistribusikan ke TPS Sehari Jelang Pencoblosan

"TPS di Pesisir Selatan tidak memiliki medan atau tingkat kesulitan begitu berat"
Simulasi pencoblosan di TPS digelar KPU Pessel. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memastikan seluruh logistik untuk persediaan Pemilu sudah sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehari sebelum pencoblosan pada 17 April 2019.

"Tanggal 13 April itu semuanya sudah distribusikan di seluruh kecamatan. Dan untuk ke TPS, diantarkan pada tanggal 16 April atau sehari sebelum hari H," sebut Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, sesuai kondisi wilayah secara umum, TPS di Pesisir Selatan tidak memiliki medan atau tingkat kesulitan begitu berat. Namun, ada juga yang perlu menjadi perhatian, yakni TPS yang memiliki lokasi jauh dari pusat pemerintahan dan harus menyeberangi pulau.

Dari dari KPU Pessel, daerah tersebut yakni, Kampung Dilan yang ada di Kecamatan Bayang Utara dan Kampung Kapo-kapo yang merupakan sebuah pulau di Kecamatan Koto XI Tarusan yang harus dilalui menggunakan kapal.

"TPS di Dilan (Kecamatan Bayang Utara) lokasinya jauh, tapi kendaraan bisa sampai ke lokasi. Kemudian Kapo-kapo yang merupakan kampung dan terpisah jadi perlu perhatian kita supaya tidak terlambat pendistribusiannya," jelasnya.

Selain itu, sesuai dengan kondisi Pemilu saat ini, pihaknya mengakui belum menemukan kendala yang sulit dalam melalui setiap tahapan. Kendati demikian, pihaknya tentu harus selalu waspada untuk menyukseskan Pemilu hingga usai.

"Kalau yang kita temui sampai saat belum ada persoalan, baik dari aspek keamanan, dukungan pemerintah terhadap fasilitasi penyelenggaraan pemilu sejauh ini masih aman," tutupnya.

KPU Pesssel sendiri sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 di wilayah tersebut sebanyak 330.275 pemilih. Dari 330.275 pemilih ini terdiri 162.890 pemilih laki-laki dan 167.385 pemilih perempuan tersebar di 15 kecamatan, 182 nagari (desa), dengan 1.478 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

[Kiki Julnasri ... Baca halaman selanjutnya