Komplek BPTP Sumbar Membara, Satu Rumah dan Dua Mobil Dilahap Api

"tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran namun kerugian materil diperkirakan ratusan juta"
Membara, satu unit rumah terbakar dinihari tadi di Komplek BPTP Sumbar di Kawasan Sukarami, Solok. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gang III, Komplek BPTP Sumbar di kawasan Sukarami, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok., Kamis (21/3) dinihari tadi terbakar. Informasi yang dihimpun, satu unit rumah pegawai BPTP hangus dilahap api.

Tidak saja rumah permanen yang dihuni Beherta (52) yang ludes dimakan ganasnya api, namun dua unit mobil yang ada di rumah korban ikut hangus terbakar. Peristiwa kebakaran itu awalnya diketahui anak korban, Risky Karima.

Dia mengaku, dinihari itu melihat api dari bagian belakang rumah dan berusaha memadamkan api. Namun, upaya keluarga korban bersama warga sekitar yang menggunakan alat seadanya tidak cukup menjinakkan si jago merah. Api kemudian membesar dan melahap bangunan rumah bersama isinya.

Berselang beberapa waktu, dua unit mobil Damkar kabupaten Solok datang dan memadamkan api. Api baru dapat dikendalikan setelah petugas berjibaku selama satu jam.

Kapolres Arosuka AKBP Ferry Irawan melaluinya Kapolsek Talang, AKP Yasril membenarkan kejadian itu. Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran namun kerugian materil diperkirakan ratusan juta.

"Tidak ada korban jiwa, namun rumah bersama dua unit mobil habis terbakar," papar Yasril, Kamis (21/3).

Pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Namun, dari keterangan korban kepada petugas, sebelum kebakaran itu, dirinya memang usai memasak menggunakan tungku kayu di bagian belakang rumah.

Akan tetapi, korban sudah mematikan api dengan cara menyiram dengan air. "Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan petugas kami," tutupnya.

[Syafriadi]