Selamatkan Pariwisata, Pemko Sawahlunto Lakukan Hal Ini

"Dengan OPD yang melakukan kegiatan WWS, otomatis uang akan masuk, dengan itu operasional bisa tertutupi. Tentunya sambil berjalan, kita juga pasti lakukan langkah perbaikan lain, inovasi lain untuk meningkatkan daya tarik, daya saing dan daya jual destinasi kita ini"
Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Plt Direktur Utama PT. WWS Afridarman Saat Berdialog Dengan Karyawan PT.WWSz di Kawasan Kandi, Kamis 21 Maret 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto akan melakukan langkah perbaikan terhadap PT. Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) sebagai pengelola destinasi wisata.

Perusahaan daerah milik Pemko Sawahlunto ini, destinasinya pernah menjadi pionir pariwisata di Sumatera Barat. Diketahui, ada destinasi wisata, yakni Waterboom Muaro Kalaban, Taman Satwa Kandi, Tontonan 4 Dimensi.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, sudah mengeluarkan surat edaran agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengadakan kegiatan di destinasi yang dikelola PT. WWS, dengan prioritas di kawasan wisata Kandih.

Hal itu, lanjut Deri, dikarenakan kondisi WWS yang membutuhkan perhatian khusus, itu dilihat dari laporan keuangan 2018, mengalami kerugian sampai Rp.1,8 miliar.

"Dengan OPD yang melakukan kegiatan WWS, otomatis uang akan masuk, dengan itu operasional bisa tertutupi. Tentunya sambil berjalan, kita juga pasti lakukan langkah perbaikan lain, inovasi lain untuk meningkatkan daya tarik, daya saing dan daya jual destinasi kita ini," katanya saat bertemu karyawan PT. WWS di kawasan wisata Kandih, Kamis 21 Maret 2019.

Deri menambahkan, Sebab, kendala utama yang dihadapi WWS, rendahnya tingkat kunjungan, sehingga menyebabkan tidak seimbangnya pemasukan dengan pengeluaran. "Tingginya pengeluaran, terutama di bidang  operasional yang didominasi oleh biaya pakan satwa, tidak diimbangi dengan pemasukan yang bertumpu pada tiket pengunjung," ungkapnya.

"Mari kita bersama menyelamatkan. Tidak usah khawatir, anda tidak berjalan sendirian, ini peran kita bersama. Bersama kita melakukan langkah - langkah untuk menghidupkan kembali pesona wisata Sawahlunto, khususnya di Kandih," tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT. WWS, Afridarman, menyatakan dengan dukungan penuh dari Pemko, ... Baca halaman selanjutnya