Jelang Pemilu, Humas Mesti Berikan Informasi Menyejukan Masyarakat

"Keberadaan humas menjelang pemilu untuk menyejukan masyarakat, menangkas hoaks selain itu meningkat partisipasi pemilih"
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit usia membuka rapat Bakohumas di Aula Kantor Gubernur, Kamis 21 Maret 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit meminta Hubungan Masyarakat (Humas) baik itu di provinsi maupun kabupaten dan kota agar menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat. Apalagi, jelang pemilu 2019.

"Keberadaan humas menjelang pemilu untuk menyejukan masyarakat, menangkas hoaks selain itu meningkat partisipasi pemilih," ujarnya saat rapat Badan Koordinasi Humas (Bakohumas), Kamis (21/3).

Humas mesti dapat memberi penjelasan kepada masyarakat untuk mengajak agar berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya. Apalagi, dengan pemilu 2019 serentak ini masyarakat akan dihadapkan dengan banyak yang akan dipilih, yakni Presiden, DPR RI, DPRD Kabupaten dan Kota, dan DPD RI.

"Humas mesti dapat menyebarkan informasi tata cara pemilihan kepada masyarakat. Karena, banyak yang akan dipilih, masih ada masyarakat yang belum paham tata caranya. Maka, humas mesti berkoordinasi dengan KPU dalam menginfomasikan ini," ulasnya.

Selain itu, kata Nasrul, bahwa peranan humas di Pemprov Sumbar sangat baik, apalagi kolaborasi dengan beberapa media baik itu, cetak dan elektronik. Sehingga, informasi tentang kinerja Pemprov Sumbar tersampaikan kepada masyarakat. Nasrul berharap, masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas, tahu mana yang mereka pilih. Pilihan yang dipilih itu adalah mereka yang terbaik karena akan mewakili dalam membangun daerah.

"Untuk itu, kita ingin pemilu yang benar-benar mencerminkan badusanak, damai dan lancar. Serta, menjadi pemilih yang cerdas," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman, mengungkapkan, dipilihnya tema kegiatan Bakohumas yakni pemilih cerdas bukan  untuk mengarahkan pemilih. Namun, sekaitan dengan posisi sebagai humas  untuk menginformasikan informasi yang cerdas kepada publik. Karena, ini merupakan salah satu cara untuk melawan berita hoaks yang dapat mempengaruhi ... Baca halaman selanjutnya