Pembangunan Pengaman Pantai Tahap 2 Dimulai di Pantai Muaro Kandis Pessel

"Dimulainya pembangunan ini ditandai dengan peletakkan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Pessel"
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni bersama pejabat Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V sela peletakan batu pertama pengamanan Pantai Muara Kandis. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V memulai pembangunan pengamanan pantai di Nagari Muaro Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kamis 21 Maret 2019.

Dimulainya pembangunan ini ditandai dengan peletakkan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mariadi Utama yang disaksikan sejumlah pejabat daerah dan ratusan masyarakat.

"Pembangunan pengamanan pantai ini merupakan tahap yang kedua, dari pembangun yang sudah dilakukan pada tahun 2018. Karena ini sudah untuk yang kedua dari pemerintah pusat, makanya kita bersama Balai Wilayah Sungai meresmikan untuk dilanjutkan kembali," sebut Hendrajoni usai kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan pengamanan pantai di Muaro Kandis saat ini masuk menjadi salah satu atensi pemerintah daerah dan pusat untuk mengatasi abrasi pantai di daerah itu. Sebab, dalam satu tahun terakhir dan tahun 2019 ini anggaran yang digelontor sudah mencapai Rp13 miliar lebih dari APBN.

"Anggarannya dari pusat mulai dari tahun 2018 lalu sebesar Rp5,3 miliar, dan tahun ini (2019) sebesar Rp7,9 miliar dengan total lebih Rp13 miliar. Ini sudah menjadi perhatian pusat untuk secepatnya dikerjakan,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Mariadi Utama menambahkan, pembangunan tahap 2 ini ditargetkan selesai dalam jangka waktu 240 hari kalender, dan diteruskan hingga tahap selanjutnya sesuai dengan Rencana strategi (Renstra) Kementrian PUPR tahun 2019- 2024.

“Tahap pertama sudah dilaksanakan pada Desember 2018 lalu dengan panjang 130 Meter. Untuk tahap kedua ini kita targetkan selesai selama 240 hari dengan panjang 400 meter," tutupnya.

Diketahui pantai Nagari Muaro Kandis merupakan salah satu permukiman nelayan yang ada di daerah setempat. Setidaknya, kondisi pantai di daerah ini ... Baca halaman selanjutnya