Pemilih Disabilitas di Kota Solok Berjumlah 144 Orang

"KPU Solok mempermudah penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya "
Komisioner KPU Kota Solok, Ilham Eka Putra menunjukkan jenis surat suara yang akan digunakan pada pemilu serentak nanti. (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak nanti, KPU Kota Solok mempersiapkan TPS yang lebih mudah untuk diakses semua kalangan.

KPU Kota Solok sengaja menghindari penyebaran lokasi pemungutan suara yang sulit dijangkau seperti gedung bertingkat dan semacamnya yang menggunakan tangga.

"Ini juga menjadi perhatian kita bersama di KPU, sehingga semua kalangan bisa mudah dalam menyampaikan suaranya, terutama penyandang disabilitas," ungkap Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil, Kamis 21 Maret 2019.

Pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi terhadap petugas TPS untuk bisa memberikan pelayanan maksimal terutama bagi kalangan Disabilitas.

Setidaknya, untuk Kota Solok pada pemilu serentak nanti, ada lebih kurang 144 orang pemilih disabilitas diantaranya 26 orang tuna daksa, 20 orang tuna netra, 34 orang tuna rungu, 39 orang tuna grahita, dan 25 orang difabel lainnya.

Bagi penyandang tuna netra akan ada alat bantu braile untuk memudahkan membaca surat suara pada pemilu mendatang. Untuk memudahkan, kalangan tunanetra biasanya didampingi oleh pihak keluarga.

Pada pemilu serentak 2019 nanti, untuk Kota Solok terdapat 47.418 pemilih dan akan menyampaikan hak suaranya melalui 206 TPS yang tersebar di 13 kelurahan.

"Berkemungkinan akan ada penambahan satu TPS lagi di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Solok, sedang diusulkan ke KPU Pusat," sebut Komisioner KPU, Ilham Eka Putra.

[Syafriadi]