Bupati : Pemerintah Pusat Sangat Mendukung Pembangunan di Pesisir Selatan

"Batu krib atau batu pemecah ombak akan dipasang di sepanjang wilayah yang terancam abrasi pantai "
Bupati Pessel Hendrajoni (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyebut, bakal memasang batu krib atau batu pemecah ombak di sepanjang wilayah yang terancam abrasi pantai di daerah tersebut.

"Kita sangat serius mengatasinya, sepanjang 250 kilometer pantai kita dari Siguntur sampai Lunang Silaut yang namanya abrasi pantai akan kita selesaikan semua," sebut Bupati Hendrajoni usai kegiatan, di Pantai Muaro Kandis, Kecamatan Linggosari Baganti, Kamis 21 Maret 2019.

Ia menjelaskan, rencana tersebut sudah merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam menangani persoalan abrasi. Bahkan, jika tidak mencukupi APBD, akan diupayakan melalui Pemerintah Pusat.

"Ini sudah komitmen kita, uang di Pesisir Selatan tidak ada, akan kita minta ke pusat. Karena sudah kita buktikan selama ini, pemerintah pusat sangat mendukung pembangunan di Pesisir Selatan," terangnya.

Menyebut dukungan pemerintah pusat, Hendrajoni sangat meyakini apapun persolan di Pesisir Selatan akan cepat diatasi. Sebab, pemerintah pusat sangat mendukung pembangunan di daerah, terutama untuk keselamatan hajat orang banyak.

"Saya akan terus berjuang, dan akan terus berusaha apapun persoalan masyarakat akan cepat teratasi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Balao Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mariadi Utama menjelaskan, pihaknya sangat memperhatikan persoalan abrasi pantai, terutama untuk wilayah kritis dan mengancam permukiman serta prasana umum.

"Kita mencari yang kritis-kritis saja, terutama yang sangat mengancam perumahan dan prasana umum lainnya," tutupnya.

[Kiki Julnasri]