Empat Proyek Renstra Kementerian PUPR di Pessel Akan Dilaksanakan Tahun Ini

"ke empat proyek bersumber dari APBN ini. "
Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mariadi Utama (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Direktorat Jendral Sumber Daya Air akan memulai empat proyek rencana strategi (Renstra) pembangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2019-2024, tahun ini.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mariadi Utama menyebutkan, selain pengamanan Pantai Muaro Kandis di Kecamatan Linggosari Baganti, di Pessel terdapat proyek lain yang akan dilaksanakan di bawah pengerjaannya.

"Selain Muara Kandis, nanti juga ada
pengamanan pantai di Ampingparak-Sutera. Lalu pembangunan embung di Tanah Kareh-Batangkapas dan irigasi di Sawah Laweh-Tarusan," sebut Mariadi Utama usai kegiatan peletakan batu pertama pengamanan pantai tahap 2 di Pessel, Kamis 21 Maret 2019.

Ia menjelaskan, ke empat proyek bersumber dari APBN ini. Untuk pembangunan irigasi di Sawah Laweh memakan biaya Rp 240 miliar.

"Ampingparak Rp3 miliar, embung Rp2 miliar (Selain dari pengamanan pantai Muaro Kandis dan irigasi di Sawah Laweh)," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni berharap, pembangunan yang dibantu pemerintah pusat saat ini bisa berlanjut kedepan. Sebab, semenjak tiga tahun terakhir pihaknya mengakui telah menerima bantuan mencapai Rp 2 triliun lebih dari pemerintah pusat.

"Jadi kita sebagai masyarakat Pesisir Selatan harus bersyukur, dan berterimakasih kepada pemerintah pusat. Karena banyak bantuan yang masuk ke daerah kita ini," tutupnya.

[Kiki Julnasri)