Jalur Kereta Api Padang-Nareh Resmi Diaktifkan

"jalur Kereta Api di Sumatera Barat perlahan sudah mulai diaktifkan kembali"
Menhub, Budi Karya Sumiadji meresmikan jalur kereta api Padang-Nareh. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Jalur Kereta Api Padang-Nareh, Kota Pariaman diresmikan pada Jumat 22 Maret 2019 oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi. Dalam peresmian jalur baru tersebut dia mengatakan bahwa jalur Kereta Api di Sumatera Barat perlahan sudah mulai diaktifkan kembali.

Alasan pengaktifan tersebut menurutnya karena potensi wisata di Kota Pariaman yang semakin meningkat setiap tahunnya. "Dengan aktifnya stasiun Kereta Api Nareh ini diharapkan akan membantu peningkatan pariwisata disini," lanjutnya.

Menurutnya, kunjungan ke Kota Pariaman sendiri sudah meningkat setiap tahunnya. "Untuk kunjungan pariwisata dengan adanya Kereta Api ini sudah meningkat menjadi tiga juta pengunjung pada tahun 2018," sambungnya.

Dia mengatakan, untuk harga tiket yang dipatok di rute Padang-Nareh ini hanya Rp3.000 untuk kelas ekonomi.
"Kami berharap dengan adanya jalur baru ini akan membantu perekonomian masyarakat sekitar dan kemungkinan jalur lainnya juga akan diaktifkan hingga ke Bukittinggi," lanjutnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya bersama Dirjen Perkereta Apian masih merancang pembukaan jalur baru Kereta Api hingga ke Bukittinggi. "Kami merencanakan jalur Kereta Api hingga ke Bukittinggi akan dibuka, sehingga akan membantu meningkatkan kunjungan wisata di daerah lainnya di Sumatera Barat," tutupnya.

[Halbert Caniago]