FGD KPID Sumbar Bahas Evaluasi Program Siaran Lokal pada Televisi Berjaringan

"Ini adalah kerja berat KPID Sumbar untuk terus memaksimalkan konten lokal oleh televisi berjaringan"
Peserta FGD foto bersama dengan narasumber (Ist)

KLIKPOSITIF - Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang evaluasi program siaran lokal pada televisi berjaringan dalam rangka penguatan Program Lokal.

Kegiatan dimoderatori oleh Robert Cenedy S.H, MH dan langsung dibuka oleh Ketua KPID Sumbar Afriendi S.H, M.H. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kominfo Provinsi Sumbar itu dihadiri oleh berbagai perwakilan media teelevisi yang ada di Sumbar.

FGD tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang menjadi pembicara untuk suatu pembahasan bersama.

"Ini adalah kerja berat KPID Sumbar untuk terus memaksimalkan konten lokal oleh televisi berjaringan. Selain itu, persentasi program lokal ini bisa memberikan rapor untuk KPID baik atau raport merah. Selain itu, dari hal itujuga DPRD Sumbar bisa memaksimalkan anggaran untuk KPID sumbar," ujar Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumbar, Afrizal.

Sedangkan Wakil Ketua KPID Sumbar Yumi Ariyanti menyampaikan bahwa program lokal ini perlu dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sumbar. Ia meminta agar Televisi Berjaringan harus serius mengemas konten lokal dengan jumlah 10 persen ini dengan memaksimalkan program lokal seperti mengangkat budaya lokal, dan informasi informasi daerah yg dibutuhkan masyarakat Sumbar.

"Seperti yang kita ketahui ini adalah perintah Undang-undang. Tidak ada tawar menawar lagi dan alasan bagi televisi berjaringan untuk tidak menyiarkan 10 persen konten lokal," tukas Yumi.

Sementara Komisioner KPI Pusat Agung Suprio menyampaikan agar TV Berjaringan yg induk jaringannya berada di Pusat agar berkomitmen dengan apa yg sudah disampaikan ke Pusat untuk sesuai dengan yg disiarkan di daerah.