KPU RI Coret Keikutsertaan 5 Parpol di 15 Daerah di Sumbar

"Ada dua alasan KPU melakukan pencoretan itu"
Daftar parpol peserta Pemilu 2019 (Net)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mencoret keikutsertaan lima partai politik (parpol) di 15 kabupaten dan kota di Sumbar sebagai peserta Pemilu, sesuai Keputusan KPU RI Nomor 744/PL.01.6-Kpt/03/KPU/III/2019  tentang Pembatalan Partai Politik Sebagai Peserta Pemilu Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019, tertanggal 21 Maret 2019.

Lima partai tersebut diantaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Ada dua alasan KPU melakukan pencoretan itu, diantaranya tidak memiliki kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, tidak mengajukan calon anggota DPRD dan tidak menyampaikan LADK (Laporan Awal Dana Kampanye).

Parpol yang diberikan sanksi karena alasan ini berjumlah dua parpol di dua daerah, yaitu PKB di Kabupaten Agam dan PBB di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sementara alasan satu lagi, yakni memiliki kepengurusan di tingkat provinsi, kabupaten/kota, tetapi tidak mengajukan calon anggota DPRD dan tidak menyampaikan LADK.

Ada empat parpol yang tersandung alasan ini, diantaranya Partai Garuda (Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Sawahlunto, Kota Padangpanjang), Perindo (Kota Solok), PBB (Dharmasraya), serta PKPI (Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kota padangpanjang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh).

Dalam Keputusan KPU RI tersebut juga dijelaskan, parpol yang diberi sanksi pembatalan sebagai peserta pemilu tidak diikutsertakan dalam penghitungan perolehan kursi di seluruh daerah yang bersangkutan. (*)