Tim Pemenangan Jokowi Siapkan Aplikasi Jamin saat Pemilu

"Jadi ada aplikasi yang dibuat untuk pendataan, sekaligus laporan hasil suara oleh saksi di setiap TPS"
Sekretaris Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Provinsi Sumatera Barat, H Febby Datuk Bangso (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Provinsi Sumatera Barat, H Febby Datuk Bangso mengatakan pihaknya menyiapkan aplikasi untuk melaporkan hasil hitung Pemilu April nanti.

"Jadi ada aplikasi yang dibuat untuk pendataan, sekaligus laporan hasil suara oleh saksi di setiap TPS. Jadi terpantau langsung ke TKN. Begitu selesai juga bisa difoto," katanya.

Ia mengatakan baik TKD maupun TKN akan mendapatkan langsung hasil yang terbaru karena hasil tersebut bisa dikirimkan melalui aplikasi tersebut. "Jadi, TKN dan TKD bisa up to date, mana-mana TOS yang telah selesai penghitungan, semacam quick count," katanya.

Selain itu, menurutnya, aplikasi tersebut juga bertujuan untuk laporan pengawasan terhadap adanya indikasi kecurangan ataupun kesalahan dalam penghitungan suara. "Sekaligus mengawal, dimana yang kira-kira ada kerawanan. Dimana ada yang mungkin ditindaklanjuti," ungkapnya.

Menurutnya, aplikasi tersebut terdapat dalam ponsel pintar yang bernama Jamin yang diambil dari singkatan Jokowi Amin. "Tim pelatihan TKN telah melakukan pelatihan pada TKD, yang selanjutnya akan disalurkan pada saksi di setiap kabupaten dan kota," tuturnya.

[C Jambak]