Dunia Miliki Dua Orang yang Pulih dari HIV  

"Pria yang diberi nama "pasien London" itu didiagnosis menderita HIV pada 2003"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah kejadian langka, seorang pria dari London yang didiagnosis mengindap penyakit HIV dinyatakan telah pulih. Penyebabnya karena mutasi genetik yang tidak biasa terjadi di tubuhnya.
Pria yang diberi nama "pasien London" itu didiagnosis menderita HIV pada 2003, dan mulai mengobati penyakitnya pada 2012.

Namun, setelah transplantasi sel induk pada 2016, setelah ia mengembangkan limfoma Hodgkin, virus HIV tidak lagi ada dalam sistem. Menurut dokter, orang yang telah menyumbangkan sel punca kepada pasien London, memiliki mutasi genetik langka yang hanya dapat ditemukan pada 1% orang Eropa utara. Faktanya, mereka yang mengalami mutasi ini kebal terhadap HIV. Sementara transplantasi dianggap berbahaya apabila gagal.

Para ahli mengatakan donor memiliki salinan ganda dari mutasi, membuat ini benar-benar keajaiban bagi pasien London! Pemimpin peneliti University College London, Ravindra Gupta, mengatakan karena keterbatasan jumlah orang dengan kekhasan seperti itu, mutasi genetik tidak dapat diamati sesering yang seharusnya.

”Pasien secara sukarela setuju untuk berhenti minum obat HIV-nya untuk mengamati kembalinya virus - yang tidak terjadi selama 18 bulan! Pasien ini sekarang bergabung dengan Timothy Ray Brown alias "pasien Berlin" yang dirawat di Jerman karena HIV pada tahun 2002 dan juga sembuh dari virus. Mari berharap lebih banyak agar penderita penyakit dari virus ini pulih pada masa mendatang!

[Michelle Novri]