Gubernur Minta Sekolah Terapkan Standar Nasional Pendidikan di Sumbar

"SNP itu ada 8 (delapan), pelajari, kuasai, dan tindak lanjuti, jika masih ada yang kurang, kami harapkan segera diperbaiki dan dipenuhi"
Pelantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Sumbar (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk menjamin mutu pendidikan di Sumbar, Gubernur Irwan Prayitno mengingatkan tentang pentingnya tiap sekolah berusaha menerapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

"SNP itu ada 8 (delapan), pelajari, kuasai, dan tindak lanjuti, jika masih ada yang kurang, kami harapkan segera diperbaiki dan dipenuhi" sebutnya usai pengukuhan kepengurusan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Sumbar, Sabtu (23/3/2019) malam di auditorium gubernuran.

Selain itu, Irwan juga mengatakan tentang peran kepala sekolah yang sangat penting untuk perkembangan sekolahnya.

"Zaman sekarang ikuti saja aturan, jangan sampai menyimpang karena berbahaya, apalagi pungli, martabat dan wibawa pribadi serta sekolah akan hilang. Contoh lain kejadian beberapa waktu lalu, siswa mendemo pihak sekolahnya" ujarnya.

Terkait dengan usulan yang disampaikam oleh pengurus MKKS, tentang keseragaman mulai tahun ajaran baru, ujian tengah dan unjian akhir semester di seluruh Kabupaten/Kota, Gubernur mengatakan akan di diskusikan dengan kadisdik Sumbar

"Mudah-mudahan untuk hal ini akan ada jalan keluarnya" katanya.

Sementara itu Ketua MKKS yang baru dilantik Suardi menyampaikan tekad dan keinginan bersatu membangun pendidikan di Sumbar yang lebih berkualitas.

"Meski kami dari berbeda daerah, melalui forum kami yakin hal tersebut bisa terwujud, tentunya dukungan dan kerjasama dengan Gubernur, Disdik Sumbar, Bupati/ Walikota serta disdik Kab/ Kota" ungkapnya.

Dia mengatakan, MKKS ini merupakan periode ketiga, sejak dibentuk pada Oktober 2012.

"Tiga tahun kedepan (2019-2021) adalah tantangan bagi kami bersama untuk memberikan yang terbaik untuk pendidikan Sumbar" sebutnya.

Pengukuhan pengurus MKKS SMP Sumbar didasari pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Nomor : 800/ 908/ KPTS. 2019, tanggal 23 Maret 2019. (*)