Jelang Pencoblosan, Bawaslu Pessel Komitmen Jaga Integritas

"Bawaslu sebagai lembaga independen harus bisa mengawasi pelaksanaan Pemilu dengan baik sesuai dengan amanah Undang-undang No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum"
Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wardison. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membahas tentang kedisplinan dan integritas kerja dalam mengawasi Pemilu 2019 ini.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison mengatakan, dalam masa pemilihan yang hanya tinggal hitungan hari, Bawaslu sebagai lembaga independen harus bisa mengawasi pelaksanaan Pemilu dengan baik sesuai dengan amanah Undang-undang No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Kedisplinan dan integritas sangat diperlukan. Baik disiplin dalam bekerja, disiplin dalam berkegiatan maupun disiplin waktu untuk melaksanakan tugas sesuai kewenangan kita," sebut Erman Wadison di Painan, Minggu 24 Maret 2019.

Menurutnya, semakin dekat hari pemungutan suara, maka semakin banyak giat kampanye yang dilakukan oleh peserta Pemilu dan disaat yang bersamaan banyak pula tantangan pengawasan yang dilalui Bawaslu.

"Dan ini perlu kita awasi bersama. Kita berharap semua peserta pemilu dapat taat pada ketentuan-ketentuan yang mengatur pelaksanaan Pemilu. Mana yang boleh dan mana yang tidak, ini perlu menjadi catatan penting seluruh peserta Pemilu," tuturnya.

Lanjutnya, di Kabupaten Pesisir Selatan sebelumnya Bawaslu Pessel melalui jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan telah sering melakukan pemberhentian kegiatan kampanye ilegal dan itu perlu dikuat lagi.

"Ketika pengawas pemilu dibawah jajaran kita aktif melakukan pemberhentian kampanye ilegal ini. Nah, sekarang sudah banyak parpol yang mengurus STTP untuk melaksanakan giat kampanye," terangnya.

Disampaikannya, besok Senin (25/3) secara serentak di seluruh Indonesia, Panwaslu Kecamatan akan melantik Pengawas TPS sekaligus pembekalan dan bimbingan teknis terkait pungut hitung Pemilu 2019.

[Kiki Julnasri Priatama]