Hadapi Bonus Demografi 2025-2030, Betti Shadiq Ajak Orangtua Tingkatkan Kualitas Anaknya Sejak Dini

"Bonus demogarafi itu bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui akses pendidikan yang meluas, merata, dan berkeadilan"

KLIKPOSITIF - Menghadapi bonus demografi yang diperkirakan bakal diraih pada 2025-2030, anggota DPRD RI Komisi IX, Betti Shadiq Pasadigue, meminta agar orangtua meningkatkan kualitas anak-anaknya sejak ini.

Hal itu disampaikannya, supaya mereka yang saat ini merupakan generasi emas, tentu pada era 2025-2030, akan menjadi generasi produktif, kreatif dan inovatif, yang tentunya akan siap memanfaatkan bonus demografi dengan baik.

"Bonus demogarafi itu bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui akses pendidikan yang meluas, merata, dan berkeadilan," kata anggota DPR RI, Betti Shadiq Pasadigue saat Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra di Tanah Datar, Kamis, 21 Maret 2019.

Pada acara sosialisasi dengan tema "Raih Bonus Demografi dengan SDM yang Berkualitas" itu, turut hadir kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Syahruddin, perwakilan OPD terkait di lingkungan Tanah Datar, Camat Lintau Buo Utara, dan perwakilan Pemerintahan Nagari Batu Bulek, serta ratusan kader KB di Lintau Buo Utara.

Lebih lanjut, Betti menyebut, bonus demografi merupakan era di mana usia produktif ketika itu mencapai 70 persen dari komposisi penduduk. Sedangkan sisanya, lanjut Betti, merupakan usia non produktif, yaitu 0-14 tahun dan usia 65 tahun ke atas.

Usia produktif yang ada saat ini, harus mampu meningkatkan kualitasnya menghadapi bonus demografi, karena di zaman globalisasi saat ini, lapangan kerja sangat sulit, angkatan kerja meningkat, namun tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan keraja yang cukup.

Untuk itu, kepada generasi muda saat ini, ia pun meminta untuk terus meningkatkan kualitas dan kreatifitasnya untuk menciptakan lapangan kerja baru. "Ini tantangan buat kita semua," ujarnya.

"Jadi, mari kita manfaatkan bonus dmografi yang diperkirakan akan datang pada tahun 2025 dengan baik. Tapi jika sebaliknya, maka akan menjadi bencana bonus demografi bagi ... Baca halaman selanjutnya