Komisi IX DPR: Program KB untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga

"Seluruhnya merupakan bagian dari upaya penguatan keluarga sebagai pondasi kesejahteraan bangsa"

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF - BKKBN Provinsi Sumbar menyampaikan bahwa penguatan keluarga merupakan salah satu bagian dan upaya untuk mencapai sasaran Pembangunan Nasional melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk mencapai sasaran tersebut, pemerintah melalui BKKBN, telah memiliki berbagai program yang di antaranya, Orangtua Hebat, dan program Generasi Berencana (GenRe) yang dikembangkan melalui Pusat Informasi Konseling di sekolah, kampus dan masyarakat.

Kemudian program lainnya, yaitu Bina Keluarga Lansia (BKL), dan progra, pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

"Seluruhnya merupakan bagian dari upaya penguatan keluarga sebagai pondasi kesejahteraan bangsa," kata Sekretaris BKKBN Sumbar, Budi Mulia saat Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra, Jumat, 22 Maret 2019. .

Pada sosialisasi dengan tema "keluarga berencana untuk ketahanan ekonomi keluarga" yang digelar di Koto Laweh, Kecamatan X Koto, Tanah Datar, itu, turut hadir anggota DPR RI Komisi IX, Betti Shadiq Pasadigue.

Kemudian, juga hadir perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar, perwakilan dari Pemerintahan Nagari se-Kecamatan X Koto, dan ratusan kader KB di X Koto.

Lebih lanjut Budi Mulia juga menyampaikan, untuk penguatan ekonomi keluarga tentu harus dimulai dari peningkatan SDM di unit terkecil, yaitu keluarga. Oleh sebab itu, pembangunan keluarga harus diarahkan kepada pembangunan ketahanan keluarga.

"Pembangunan ketahanan keluarga seperti apa, yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Ketiganya ini harus sejalah. Pendidikan menghasilkan SDM berkualitas, sehingga berdampat kepada peningkatan kesehatan dan ekonomi keluarga," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPR RI, Betti Shadiq Pasadigue menuturkan bahwa untuk mewujudkan ketahanan keluarga, dirinya menyarankan agar masayarakat mengikuti program KB yang ... Baca halaman selanjutnya