Awas! Bawaslu Pessel Ingatkan Hal Ini Selama Kampanye Rapat Umum

"Ini akan jadi perhatian kita selama pelaksanaan kampanye rapat umum ini. Karena hal tersebut bisa saja terjadi"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengingatkan peserta pemilu dan tim pelaksana untuk tidak melibatkan anak-anak selama berkegiatan pada kampanye rapat umum pemilu 2019 ini.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison mengatakan, terkait dimulai pelaksanaan kampanye rapat umum pemilu 2019 ini, pihak-pihaknya sangat mewanti peserta pemilu serta tim kampanye tidak melibatkan anak-anak.

"Ini akan jadi perhatian kita selama pelaksanaan kampanye rapat umum ini. Karena hal tersebut bisa saja terjadi," sebut Erman Wadison kepada KLIKPOSITIF, Senin 25 Maret 2019.

Ia menjelaskan, larangan tersebut diatur sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, bahwa setiap warga negara Indonesia yang tidak memiliki hak memilih termasuk dalam larangan berkampanye.

"Penjelasannya ada dalam pasal 280 ayat (2) huruf (K). Dan anak dibawah umur termasuk di dalamnya, selain TNI-Polri dan pihak lainnya," jelasnya.

Lanjutnya, jika terbukti ada peserta pemilu atau tim pelaksana masuk dalam larangan ini, maka hal tersebut masuk dalam ranah tindak pidana pemilu.

"Sesuai pasal 493, bahwa setiap pelaksana atau tim kampanye pemilu yang melanggar larangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 280 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp12 juta," tegasnya.

Selain mewanti-wanti anak-anak terlibat kampanye, pihaknya juga akan fokus mengawasi netralitas ASN selama kegiatan kampanye ini. Sebab, setiap ASN sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu.

"Termasuk ASN, kami ingatkan untuk berhati-hati selama kegiatan berkampanye ini. Sebab, semua itu sudah ditegaskan dalam aturannya yang ada,"tutupnya.

Diketahui, terhitung dari 24 Maret hingga 13 April 2019 merupakan tahapan kampanye rapat umum dan iklan kampanye 2019. Di mana metode rapat umum ini, peserta pemilu tidak dibatasi peserta Pemilu 2019 untuk menggelar rapat ... Baca halaman selanjutnya