Laporkan SPT Menggunakan E-Filling, Wali Kota Payakumbuh Himbau Warganya untuk Taat Pajak

"Saya sendiri Alhamdulillah sudah menyerahkan laporan SPT tahunan PPH orang pribadi 2018 menggunakan E-Filling"
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat melakukan pelaporan SPT melalui E-Filling. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menghimbau seluruh warganya yang sudah memagang kartu NPWP untuk segera memenuhi kewajibannya dengan menyerahkan laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) kepada Kantor Pajak Pertama (KPP) Payakumbuh.

Dikatakan Riza Falepi, menyerahkan SPT tahunan adalah kewajiban seluruh warga negara, baik itu masyarakat umum, ASN, ataupun pejabat publik seperti dirinya. Untuk penyerahan laporan SPT tenggat waktunya adalah 31 Maret ini.

"Saya sendiri Alhamdulillah sudah menyerahkan laporan SPT tahunan PPH orang pribadi 2018 menggunakan E-Filling. Kebetulan saya menyerahkan laporan bersamaan dengan waktu kunjungan Kepalal KPP Payakumbuh, Pak Suprapto pada minggu lalu," kata Riza Falepi, Senin (25/3).

Dikatakannya, proses pelaporan menggunakan e-filling cukup mudah karena yang dibutuhkan hanya sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun. Untuk itu, ia mengajak setiap warga Payakumbuh pemegang kartu NPWP untuk segera melaporkan SPT tahunan mereka sebelum tanggal 31 Maret. Hal itu untuk menghindari terkena denda keterlambatan.

"Pelaporan SPT Tahunan ini merupakan kewajiban setiap WNI yang telah memiliki Kartu NPWP Pribadi dan pajak penghasilan yang dilaporkan selambat-lambatnya per 31 Maret 2019 ini, jadi mari segera kita laporkan, jangan sampai telat," terang Riza Falepi.

Kepala KPP Payakumbuh, Suprapto menjelaskan, untuk mempermudah pelayanan pelaporan SPT tahunan, aplikasi E-Filling dapat diunduh dan digunakan untuk melakukan sendiri pelaporan SPT tahunan secara digital melalui telepon genggam atau laptop.

"Aplikasi ini dapat mempermudah pelayanan SPT Tahunan bagi masyarakat agar melaporkan pajak penghasilan orang pribadi dengan mudah," jelasnya singkat. (*)