Survei Charta Politika: Elektabilitas Jokowi Masih Ungguli Prabowo

"Jika pemilu digelar saat ini, Jokowi-Maruf memeroleh suara sebanyak 53,6 persen"
Joko Widodo (Net)

POLITIK, KLIKPOSITIF -- Lembaga survei Charta Politika menerbitkan hasil survei Pemilu Presiden (Pilpres) 17 April mendatang. Hasilnya, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Maruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih 18,2 persen.

Prediksi Charta Politika, jika pemilu digelar saat ini, Jokowi-Maruf memeroleh suara sebanyak 53,6 persen. Sedangkan. Prabowo-Sandi meraih 35,4 persen.

Dari data Charta Politika disebutkan sebanyak 11 persen dari jumlah responden menyatakan tidak tahu atau tidak mau menjawab.

"Jadi kalau dari data kita, pemilu diadakan hari ini Jokowi - Maruf mendapat suara 53,6 persen dan Prabowo-Sandi 35,4 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya seperti dilansir dari Suara.com-jaringan Klikpositif.

Yunarto juga mengatakan, pada Maret 2019, hasil survei pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 dan 02 mengalami peningkatan dari hasil survei sebelumnya di bulan Januari. Jokowi-Maruf meningkat dari 53.2 persen ke 53.6 persen dan Prabowo-Sandi dari 34,1 persen ke 35,4 persen.

"Dilihat dari hasil sebelumnya, trend elektabilitas kedua pasangan mengalami peningkatan," ujarnya.

Hasil survei Charta Politika tersebut dilakukan pada 1 - 9 Maret 2019, melalui wawancara tatap muka terhadap dua ribu responden di 34 Provinsi.

Survei dilakukan dengan metode acak bertingkat dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.(*)