KPU Telah Tetapkan Moderator Debat Keempat Pilpres 2019, Siapa Mereka?

"Retno dan Zulfikar akan memandu jalannya debat keempat antara Capres nomor urut 01 Jokowi dengan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, Sabtu (30/3) akhir pekan ini."
Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- KPU akhirnya menetapkan Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi sebagai moderator debat keempat Pilpres 2019.

Retno dan Zulfikar akan memandu jalannya debat keempat antara Capres nomor urut 01 Jokowi dengan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, Sabtu (30/3) akhir pekan ini.

Anggota KPU Wahyu Setiawan menuturkan, Retno dan Zulfikar ditetapkan berdasarkan hasil kesepakatan bersama perwakilan tim sukses kedua kubu peserta Pilpres 2019, dalam rapat Senin (25/3/2019).

Wahyu menjelaskan, Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu menyatakan proses pemilihan moderator debat, harus berdasarkan kesepakatan bersama perwakilan tim kampanye peserta pilpres.

"Disepakati bahwa penyelenggaraan debat keempat untuk moderator, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi," kata Wahyu di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat melansir suara.com.

Selain itu, kata Wahyu, dalam rapat persiapan debat keempat juga telah disepakati stasiun TV yang menjadi media penyelenggara, yakni SCTV, Indosiar dan Metro TV.

Adapun, kata Wahyu, perwakilan dari BPN Prabowo – Sandiaga Uno meminta media penyelenggara debat dapat bersikap netral dan profesional mengingat sebelumnya Metro TV sempat ditolak karena dinilai tak netral.

"Untuk Debat keempat TV penyelenggaranya adalah grup Emtek dan Metro TV. BPN 02 memberi catatan bahwa TV penyelenggara debat keempat untuk bersikap independen netral dan profesional," ungkapnya.

Untuk diketahui, debat keempat akan berlangsung pada tanggal 30 Maret 2019 di Hotel Shangri-La. Kedua Capres nomor 01 Jokowi dan Capres nomor urut 02 Prabowo akan beradu gagasan terkait tema debat ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan dan hubungan internasional.