Sebanyak 341 Pengawas TPS Payakumbuh Dilantik

"Jadi hari ini (Senin, 25/3) Bawaslu melakukan pelantikan terhadap 341 pengawas TPS di seluruh kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh. Nantinya, orang-orang ini akan bertugas mengawal masing-masing TPS yang ada"
Pelantikan pengawas TPS Kota Payakumbuh untuk Pemilu 2019. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh melantik sebanyak 341 petugas yang akan pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April nanti.

Proses pelantikan tersebut dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh, Senin 25 Maret 2019. Pada kesempatan, seluruh pengawas TPS itu diambil sumpahnya untuk menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Muhammad Khadafi yang hadir pada pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Payakumbuh Barat menyebut, tahapan pemungutan dan penghitungan suara adalah tahapan puncak yang terakumulasi dari semua tahapan Pemilu. Karena itu, dibutuhkan orang-orang yang memiliki integritas tinggi untuk mengawal tahapan final tersebut.

"Jadi hari ini (Senin, 25/3) Bawaslu melakukan pelantikan terhadap 341 pengawas TPS di seluruh kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh. Nantinya, orang-orang ini akan bertugas mengawal masing-masing TPS yang ada," kata Muhammad Khadafi kepada KLIKPOSITIF, Senin 25 Maret 2019.

Dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup besar pada saat proses penghitungan suara nanti, Khadafi berpesan kepada seluruh pengawas TPS agar menjalankan tugasnya dengan maksimal pada hari pencoblosan nanti.

"Pengawas TPS adalah salah satu yang memiliki peran penting dalam proses pemilu 2019, untuk itu dengan dilantiknya bapak ibu sebagai Pengawas TPS maka masa depan Pemilu 2019 di kota payakumbuh adalah hal penting yang harus kita utamakan dan prioritaskan bersama," katanya.

Sekadar informasi, untuk Pemilu 2019 ini, total TPS yang ada di Kota Payakumbuh adalah sebanyak 341 tempat. Nantinya, masing-masing TPS itu akan dikawal oleh satu pengawas TPS dari Bawaslu. (*)