Sengit, di Luak Limopuluah 6 Ketum Parpol Saling Berebut Kursi DPRD Sumbar Dapil V

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Perebutan kursi DPRD Provinsi Sumbar untuk Daerah Pemilihan (Dapil) V yang meliputi Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh dipastikan berlangsung sengit. Untuk memperebutkan enam kursi yang tersedia itu turut serta enam ketua partai, baik dari Sumbar ataupun Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh ).

Dari enam ketua partai itu, satu diantaranya adalah ketua partai di tingkat Sumbar, yaitu Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumbar, Irsyad Syafar. Selain berstatus sebagai ketum partai, ia juga juga tercatat sebagai incumbent di DPRD Sumbar.

baca juga: Besok, Pasar Ternak Payakumbuh Kembali Dibuka

Selain Irsyad Syafar, lima calon lainnya merupakan ketum partai untuk tingkat kota ataupun kabupaten. Diantaranya adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Limapuluh Kota , Saffaruddin yang tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota selama empat periode dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD.

Selanjutnya ada Ketua DPD Partai Nasdem Limapuluh Kota . Mantan calon Wakil Bupati Limapuluh Kota pada Pilkada 2015 lalu itu adalah mantan anggota DPRD Sumbar periode 2009-2014 lalu.

baca juga: Audy Joinaldy Gelar Kompetisi Kewirausahaan untuk Milenial

Kemudian ada Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Limapuluh Kota , Asyirwan Yunus. Dia adalah mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2004-2009.
Yang terakhir ada Ketua DPC Gerindra Kota Payakumbuh , Nurkhalis. Pada Pileg 2014 lalu, ia pernah mencalonkan diri untuk DPRD Kota Payakumbuh namun gagal mendapatkan kursi.

Untuk Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh sendiri, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di dua daerah tersebut adalah sebanyak 354.010 pemilih yang tersebar di 1.597 TPS di 18 kecamatan.

baca juga: DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020

"Untuk Kabupaten Limapuluh terdapat sebanyak 265.161 pemilih yang akan memberikan hak suaranya di 1.256 TPS," kata Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota , Amfrizer, Selasa 26 Maret 2019.

Selanjutnya, untuk Kota Payakumbuh berdasarkan DPTHP 2 terdapat 88.849 pemilih, 341 TPS tersebar di 5 kecamatan.

baca juga: DPRD Sumbar Sorot Pembangunan Bidang Pertanian

"Kita harapkan semua warga yang tercatat sebagai DPT bisa menyalurkan hak suaranya. Sampai sejauh ini kita terus melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat," jelas Haidi Mursal. (*)

Penulis: Taufik Hidayat