Pemko Sawahlunto : Tak Sesuai RPJMD, Program OPD Siap-siap Saja Dicoret

"Visi dan misi kepala daerah, yang tergambar dalam RPJMD itu wajib diterjemahkan seluruh OPD dalam program kerja. Kalau masih ada yang tidak nyambung dengan RPJMD ini, ya siap-siap saja untuk dicoret"
Musrenbang Kota Sawahlunto di Hall PT. Bukit Asam Sawahlunto, Selasa 26 Maret 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebutkan, jika Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun perencanaan anggaran maupun kinerja, tidak sesuai dengan visi dan misi kepala daerah siap-siap saja untuk tidak terealisasi.

"Visi dan misi kepala daerah, yang tergambar dalam RPJMD itu wajib diterjemahkan seluruh OPD dalam program kerja. Kalau masih ada yang tidak nyambung dengan RPJMD ini, ya siap-siap saja untuk dicoret," katanya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Sawahlunto 2019 di Hall PT. Bukit Asam Sawahlunto, Selasa 26 Maret 2019.

Dikatakannya, sekarang ini Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, semakin ketat menyeleksi usulan anggaran yang diajukan OPD. Sehingga benar-benar efektif sesuai RPJMD.

Zohirin menyinggung untuk anggaran tahun 2020 mendatang, Pemko Sawahlunto berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berbasis pada ekonomi kerakyatan.

"Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan. Itu digerakkan dengan program, seperti pemberian bantuan ternak dan bibit tanaman pertanian, kemudian bantuan modal usaha dan lainnya. Untuk itu segera mungkin bisa di bulan April ini kita membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dana Bergulir. Ini untuk pelaksana terkait nantinya," sebut Zohirin.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Sawahlunto Andy Rastika menambahkan, bahwa untuk penerjemahan oleh OPD terhadap visi dan misi kepala daerah pihaknya telah melakukan koordinasi.

"Seperti kata pak Wakil Walikota, kita akan memfilter usulan anggaran dari OPD ini sesuai dengan visi dan misi kepala daerah. Salah satu pedomannya adalah 9 program strategis yang sudah dijabarkan dalam RPJMD," sebut Andy.(*)