UN di Daerah Operasi Kelompok Santoso Lancar

"Tidak ada hambatan masalah keamanan"
Ujian Nasional (UN) 2016 di SMA Negeri Wuasa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso berjalan lancar, tertib, dan aman. (Net)

 KLIKPOSITIF - Ujian Nasional (UN) 2016 di SMA Negeri Wuasa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso berjalan lancar, tertib, dan aman.

"Tidak ada hambatan masalah keamanan dan juga teknis dan administratif penyelenggaraan ujian. Semua berjalan sesuai harapan dan aparat keamanan sangat membantu suksesnya UN 2016 ini," kata Rostin Tohea, Kepala SMU Negeri Wuasa di Wuasa, sekitar 130 kilometer selatan Kota Palu, Rabu 6 April 2016.

Ada sekitar 3.000 personel gabungan TNI dan Kepolisian Indonesia selama Operasi Tinombala di dataran Lore/Napu. Para siswa dari luar Desa Wuasa, diminta untuk tinggal di ibu kota Kecamatan Lore Utara seminggu menjelang UN 2016 agar lebih kosentrasi mengikuti ujian.

Ia menyebutkan ada sekitar 40 persen peserta UN di SMA Negeri Wuasa ini datang dari berbagai desa di dataran Lore yang harus menempuh perjalanan antara setengah sampai satu jam dengan sepeda motor dari tempat tinggalnya.

"Karena sedang ada Operasi Tinombala ini, maka kami berkoordinasi dengan para orangtua, meminta agar semua siswa peserta UN menumpang dulu di rumah-rumah keluarga di Wuasa sehingga tidak perlu bolak-balik dari rumah ke sekolah tiap hari," ujar Rostin.

Selama tiga hari UN di sekolah ini, kata Rostin, hanya satu siswi 139 peserta yang tidak bisa mengikuti ujian karena lokasi desanya yang cukup jauh yakni Desa Betue, Kecamatan Lore Peore, namun sudah diusulkan untuk mengikuti ujian susulan dua pekan ke depan.

Sementara itu Otoritas Operasi Tinombala membenarkan, mereka sedang intensif memburu kelompok teroris Santoso, yang diperkirakan masih memiliki 29 pengikut yang semakin terdesak ke Dataran Napu, Kabupaten Poso.

[Ant]