Keluarga Korban Tewas di Kelok 9 Menolak untuk Dilakukan Autopsi

"Keluarga yang telah mengetahui bahwa korban ditemukan dengan kondisi tidak bernyawa oleh tim SAR gabungan menolak untuk dilakukan autopsi"
Proses evakuasi Amreh Santoso saat ditemukan petugas SAR Gabungan, Rabu 27 Maret 2019. (Ist)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Pihak keluarga Amreh Santoso (38), korban hilang yang ditemukan tewas di kawasan Kelok Sembilan Nagari Ulu Aie, Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota menolak untuk dilakukan autopsi menyeluruh terhadap jenazah korban.

Amreh sendiri berhasil ditemukan tim SAR gabungan di aliran Sungai Batang Sinipan, Rabu (27/3) siang sekitar 13.30 WIB. Pada saat ditemukan jenazah Korban sudah dalam kondisi menggembung dan tanpa busana.

Setelah ditemukan, jenazah Amreh kemudian dievakuasi ke Puskesmas Tanjung Pati, di situ kemudian dilakukan visum luar terhadap kondisi korban untuk mengetahui penyebab kematiannya.

"Dari hasil visum luar terhadap korban oleh petugas medis Puskesmas Tanjung Pati, tidak ada ditemukan bekas luka ataupun tanda kekerasan di tubuh korban," terangnya Kapolsek Harau, AKP Harry M Putra, Rabu (27/3).

Meski dari visum luar tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan, untuk memastikan penyebab kematian korban diperlukan autopsi menyeluruh terhadap jenazah korban. Sayang hal itu urung dilakukan karena tidak adanya izin dari pihak keluarga Amreh yang merupakan warga Provinsi Riau itu.

"Keluarga yang telah mengetahui bahwa korban ditemukan dengan kondisi tidak bernyawa oleh tim SAR gabungan menolak untuk dilakukan autopsi," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Amreh Santoso dikabarkan hilang di Kelok 9 Jorong Ulu Aia Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Senin (25/3) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Amreh bersama rombongan menggunakan mobil dari Padang menuju Pekanbaru dan sekitar pukul 02.00 WIB.

Ketika tiba di Kelok Sembilan Amreh mengaku sakit perut dan hendak buang buang air, lantas mobil yang berpenumpang enam orang itu berhenti di kelok nomor 3. Begitu mobil berhenti ia pergi ke arah sungai untuk buang air. Namun, setelah cukup lama pergi korban tak jua kembali, sehingga rombongan tersebut melakukan pencarian sampai akhirnya memutuskan untuk ... Baca halaman selanjutnya