Ditpolair Polda Sumbar Akan Lakukan Pengamanan Pemilu di Mentawai

"Polairud juga akan kita geser ke Mentawai untuk pengamanan Pemilu nantinya"
Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk daerah Kepulauan Mentawai nantinya akan dibantu oleh Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Sumatera Barat. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk daerah Kepulauan Mentawai nantinya akan dibantu oleh Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal saat melakukan peresmian kantor Ditpolairud Sumbar pada Kamis 28 Maret 2019. "Polairud juga akan kita geser ke Mentawai untuk pengamanan Pemilu nantinya," ujarnya.

Sementara itu, Dirpoliarud Polda Sumbar, AKBP Soelistijono mengatakan, untuk menghadapi pemilu tahun ini, pihaknya tidak boleh melakukan penegakan hukum. "Saat ini kami fokus kepada pengamanan pemilu saja," ujarnya.

Ia mengatakan sebagian personel Ditpolairud Sumbar akan dipindahkan untuk memperkuat Kepulauan Mentawai. "Nanti akan ada 70 orang personel kami yang akan ke Mentawai dalam pengamanan TPS," lanjutnya.

Ia mengatakan, sampai sekarang belum ada potensi pelanggaran Pemilu di wilayah perairan yang merupakan wilayah hukumnya. "Jadi kami melihat massa, kalau ada pergerakan dari pulau ke pulau itu yang kami antisipasi," sambungnya.

Sementara itu, terkait bencana pihaknya sudah bekerja sama dengan Basarnas dan pihak terkait lainnya. "Dan kita juga selalu komunikasi dengan pihak BMKG Teluk Bayur dalam mengantisipasi bencana. Kapal kami saat ini ada sebelas unit, kemudian ditambah Satpolair di tujuh Polres. Itu akan kami optimalkan nanti," tutupnya.

[Halbert Caniago]