Curah Hujan Tinggi, 4 Kecamatan di Limapuluh Kota Terdampak

"intensitas curah Hujan yang tinggi dan disertai petir terjadi pada pukul 18.00 WIB hingga 21.30 WIB. Akibat angin ribut dan badai ini, beberapa pohon tumbang di empat kecamatan dan menimpa beberapa rumah."
Rumah tertimpa pohon tumbang di Limapuluh Kota (Ist)

LIMAPULUH KOTA,, KLIKPOSITIF -- Intensitas curah hujan tinggi disertai petir yang melanda daerah Kabupaten Limapuluh Kota dan sekitarnya kemarin, Kamis 28 Maret 2019, akibatkan beberapa kecamatan terdampak. Hasil pendataan Pusdalops dan hasil cheking lapangan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), tercatat 4 kecamatan terdampak.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD 50 Kota Rahmadinol saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat 29 Maret 2019 mengatakan intensitas curah Hujan yang tinggi dan disertai petir terjadi pada pukul 18.00 WIB hingga 21.30 WIB. Akibat angin ribut dan badai ini, beberapa pohon tumbang di empat kecamatan dan menimpa beberapa rumah.

"Empat kecamatan terdampak bencana ini adalah Kecamatan Guguak, Kecamatan Harau, Kecamatan Lareh Sago Halaban, dan Kecamatan Luhak. Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa yang menimpa masyarakat setempat," kata Rahmadinol.

Hasil pantauan di lapangan, beberapa nagari yang terdampak yaitu Nagari Kuranji, Nagari Padang Jopang, dan Nagari : Guguak VIII Koto dimana pohon tumbang menimpa satu unit rumah dan asrama putri. Kemudian bencana juga melanda Nagari Taram, Nagari Lubuak Batingkok, Nagari Labuah Gunuang, Nagari Sitanang, Nagari Batu Payuang, Nagari Mungo.

Ia menjelaskan bahwa ada enam rumah yang mengalami kerusakan akibat dari pohon tumbang dan pohon tumbang ini ada yang melintang di atas badan jalan. Rahmadinol menambahkan dalam kejadian tersebut upaya yang dilakukan adalah evakuasi membersihkan pohon kayu yang tumbang oleh anggota TRC, damkar dan OPD terkait.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah terpal untuk menutupi atap yang tertimpa pohon. Umumnya kayu tumbang menimpa rumah bagian atap memerlukan waktu yang cukup lama untuk evakuasi," ujarnya. (Ade Suhendra)